Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka 30 November, Pusat Seni Mexico Ada di Tengah Hutan

Kompas.com - 21/11/2018, 14:07 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber designboom

KOMPAS.com - Azulik Uh May merupakan gedung pusat seni yang dibuka di tengah hutan di Meksiko, tepatnya di tengah Semenanjung Yucatan. Pembangunan gedung ini terinspirasi lingkungan alam sekitar serta budaya suku Maya.

Selain ruang seni, gedung yang dibuka pada 30 Noember mendatang, akan difungsikan sebagai laboratorium fashion dan desain, sekolah seni, studio rekaman, serta tempat tinggal bagi talenta-talenta kreatif di negara tersebut.

Proyek pembangunan gedung multifungsi ini merupakan kerja sama pengusaha Eduardo Neira atau Roth dengan galeri seni IK LAB.

Secara keseluruhan, gedung ini terbuat dari material beton setinggi 16 meter. Pada setiap sisinya terdapat pola geometris yang membentuk gambar flora atau tanaman.

Rancangan bangunan ini terlihat seperti tumbuh dari dalam tanah. Setiap struktur dihubungkan oleh sebuah jembatan.

Interior bangunan dirancang mengikuti struktur organik dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Menurut Roth, dalam proses pembangunan, tidak ada satu batang pohon pun yang ditebang, sebaliknya, struktur bangunan malah melindungi pohon yang ada di dalamnya.

-enchanting transformation -
Setiap pohon yang sudah ada, diberikan tempat khusus. Bahkan beberapa pohon yang memiliki tinggi melebihi atap bangunan, diberi lubang khusus untuk tumbuh.

Fasilitas kesehatan menggabungkan metode modern dengan penyembuhan tradisional ala Suku Maya.

Sepanjang 2019 mendatang, pengelola Azulik Uh May akan mengembangkan beberapa fasilias tambahan, seperti museum seni, pusat riset daur ulang, dan pusat pengembangan teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com