Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Minta Konstruksi Trans-Papua Dipercepat

Kompas.com - 17/11/2018, 19:32 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pekerjaan konstruksi Jalan Trans-Papua belum sepenuhnya rampung. Pemerintah pun memastikan bahwa penyelesaian jalan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Misalnya, untuk ruas Merauke-Sota sepanjang total 78 kilometer. Dari total panjang, 3  kilometer di antaranya belum selesai.

"Tanah di sini memang khas, tanahnya perlu pengerjaan khusus. Kita harapkan akhir bulan ini selesai," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/11/2018).

Baca juga: Lewat Trans Papua, Merauke-Boven Digoel Kini Cuma 8 Jam

Pemandangan serupa terlihat pada ruas Sota-Boven Digoel sepanjang 21 kilometer. Untuk ruas tersebut, pemerintah menargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini.

Meski menargetkan untuk dapat diselesaikan dengan cepat, Presiden menekankan bahwa kualitas tetap menjadi prioritas utama. Hal itu untuk menekan biaya pemeliharaan jalan yang memang tidak murah.

"Selalu saya tekankan soal kualitas yang baik sehingga bisa dipakai lama. Biaya pemeliharaan jalan-jalan di tengah hutan kan juga mahal. Jadi kalau kualitasnya baik, sekian tahun bisa kita pakai terus," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com