Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Luncurkan Hotel yang Dioperasikan oleh Robot

Kompas.com - 10/11/2018, 21:12 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

KOMPAS.com - Alibaba Group berencana membuka hotel di Hangzhou, China, yang dioperasikan secara otomatis oleh robot.

Langkah ini seolah menunjukkan hebatnya kemampuan raksasa pelaku industri e-commerce itu dalam memanfaatkan teknologi dan menerapkannya untuk pengembangan bisnis.

Tujuannya untuk memperlihatkan dan menjual kecanggihan inovasi teknologinya yang berbasis data.

Alibaba mengklaim bahwa biaya operasional hotel ini akan lebih efisien dengan kisaran harga yang hampir sama dengan hotel pada umumnya yang dikelola langsung oleh manusia.

Hotel berteknologi canggih itu memiliki sejumlah fitur, yaitu robot, pengenalan wajah, speaker pintar, pencahayaan dan pelayanan kamar yang diaktifkan melalui perintah suara, serta pemberitahuan otomatis untuk membersihkan kamar.

Baca juga: Menginap di Hotel Ini, Tamu Dijemput dengan Pesawat Amfibi

Saat ini penginapan tersebut telah menerima pemesanan awal dari tamu hotel yang akan menginap di sana. Nantinya, mereka juga bisa membeli suvenir dan berbagai barang dagangan dari hotel tersebut yang ditampilkan di situs web Alibaba.

Khusus untuk fitur perintah suara, hotel milik Alibaba ini menerapkan teknologi yang jauh lebih canggih dibanding fitur serupa yang pernah ditawarkan juga ke industri perhotelan oleh Baidu, situs mesin pencarian di China.

Fitur serupa itu dipakai di hotel milik perusahaan Shenzhen, Smart LYZ, di wilayah Chengdu pada awal tahun ini.

"Kecanggihan teknologi terkini yang diterapkan di Alibaba’s Future Hotel ini sangat berguna untuk merampingkan ongkos operasional perhotelan di China sekaligus memberi pengalaman baru kepada para tamu," demikian pernyataan yang dikeluarkan perusahaan itu, seperti diwartakan Retailnews.asia, Sabtu (10/11/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com