Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2018, 18:18 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konstruksi Statue of Liberty Museum sedang berjalan. Museum ini merupakan salah satu bagian dari atraksi yang ditawarkan oleh tempat wisata Patung Liberty.

Pembangunan museum ini merupakan tindak lanjut dari rencana untuk mengembangkan sekaligus memperindah kawasan Patung Liberty. Setiap tahunnya, monumen ini dikunjungi oleh 4,3 juta turis.

Hingga saat ini, Statue of Liberty Museum berada di dalam patung. Penambahan bangunan museum dikarenanakan, bangunan yang ada saat ini hanya mampu menampung sebagian kecil dari total jumlah turis.

Gedung museum dirancang oleh firma arsitektur FXCollaborative, sedangkan bagian ekshibisi atau pameran didesain oleh ESI DesignDiane Bondareff/AP Images Gedung museum dirancang oleh firma arsitektur FXCollaborative, sedangkan bagian ekshibisi atau pameran didesain oleh ESI Design
Gedung museum dirancang oleh firma arsitektur FXCollaborative, sedangkan bagian ekshibisi atau pameran didesain oleh ESI Design. Rencananya, museum baru ini akan dibuka pada Mei 2019 mendatang.

Interior museum dirancang dengan desain yang ramah lingkungan. Fasad gedung terbuat dari kaca, sehingga mampu mengalirkan cahaya ke dalam ruangan. Selain itu, atap akan dilengkapi dengan taman.

Gedung museum dibangun menghadap ke arah monumen, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan Patung Liberty secara menyeluruh.

Gedung museum dibangun menghadap ke arah monumen, sehingga pengunjun dapat menikmati pemandangan Patung Liberty secara menyeluruh. Diane Bondareff/AP Gedung museum dibangun menghadap ke arah monumen, sehingga pengunjun dapat menikmati pemandangan Patung Liberty secara menyeluruh.
Luas kompleks museum baru ini mencapai 2.400 meter persegi. Di dalamnya, pengunjung akan memperoleh informasi mengenai sejarah, pengaruh, dan warisan monumen.

Awalnya, pengunjung akan diberi gambaran menganai kondisi di dalam patung serta informasi lainnya.

Setelah itu, mereka akan mempelajari cerita mengenai sejarah, artefak (termasuk obor asli patung), serta akan disuguhi media interaktif mengenai perkembangan monumen.

"Tujuan kami adalah agar pengunjung dapat mendapatkan gambaran mengenai arti keberadaan monumen ini untuk semua orang, bukan hanya untuk negara ini tapi juga untuk dunia, dan agar mereka merasa sebagai bagian dari cerita masa depan Patung Liberty," ujar Presiden sekaligus pimpinan tim desain ESI Design, Edwin Schlossberg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com