Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA JGC Tetap Dibangun, Rencana Bisnis Daring Pun Terus Berlanjut

Kompas.com - 07/11/2018, 17:30 WIB
Dani Prabowo,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - IKEA membatalkan rencana untuk membuka gerai di sejumlah negara, tetapi hal itu tidak terjadi di Indonesia.

Bahkan, IKEA Indonesia yang dikelola oleh PT Hero Supermarket Tbk (HERO) terus berekspansi dengan memulai pembangunan gerai kedua di Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur.

Menurut Direktur Utama HERO Patrik Lindvall, situasi yang dihadapi IKEA di setiap negara berbeda.

"Jadi, apa yang terjadi terhadap IKEA di Amerika Serikat atau Eropa berbeda dengan di sini. Kami di Indonesia memiliki komitmen jangka panjang," kata Lindvall menjawab pertanyaan Kompas.com, saat groundbreaking proyek tersebut, Rabu (7/11/2018).

Baca juga: Hadir di Timur Jakarta, Gerai IKEA Kedua Mulai Dibangun di JGC

Seperti diketahui, pada 26 Mei lalu, IKEA membatalkan rencana untuk membuka gerai di Glendale, Arizona. Keputusan itu diambil beberapa hari setelah mereka membatalkan rencana pembangunan gerai di Preston, Inggris; dan Cary, North Carolina, AS.

Langkah getir berikutnya kembali diambil IKEA di Nashville, AS. Batalnya pembangunan tersebut diakibatkan kurang kondusifnya industri ritel saat ini. Di samping itu, mereka berencana memperkuat bisnis daring (online).

Lindvall menegaskan bahwa IKEA Indonesia masih tetap sesuai dengan rencana awal dalam membangun gerai offline peritel furnitur asal Swedia ini.

IKEA JGC akan dibangun di atas lahan seluas 3,7 hektar dengan rencana bangunan seluas 89.000 meter persegi. Lahan tersebut dibeli dari PT Mitra Sindo Sukses, anak usaha PT Modernland Realty Tbk, pengembang JGC.

"Kami menargetkan dapat beroperasi mulai 2020," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com