Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studio di New York Ciptakan Ubin Interaktif

Kompas.com - 03/11/2018, 23:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Studio desain yang berbasis di New York, Breakfast, telah merancang desain instalasi ubin yang dapat bergerak. 

Ubin buatan Breakfast ini dapat digunakan sebagai salah satu ornamen atau instalasi dalam interior ruangan.

Fitur utama dari ubin produksi Breakfast ini adalah, mereka dapat berputar dan bergerak sesuai arahan. Keuntungan lain adalah, setiap buah ubin tidak memerlukan kabel alias wireless.

Ubin dapat disesuaikan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pihak Breakfast bahkan membayangkan bahwa ubin interkatif ini dapat digunakan pada fasad bangunan, dinding hingga pagar pembatas.

"Kami melihat sebuah kesempatan untuk menghilangkan batas antara seni dan infrastruktur," ujar co-founder Breakfast yang sekaligus menjabat sebagai kepala desain, Andrew Zolty, seperti dikutip dari Dezeen.

Jika dilihat dari kejauhan, instalasi ubin yang dirancang oleh Breakfast ini terlihat seperti layar digital. Setiap ubin dapat dioperasikan melalui sebuah aplikasi.

-Breakfast -
Instalasi ubin ini dapat bergerak sesuai dengan arahan. Uniknya, susunan ubin tersebut dapat bergerak secara interaktif.

Untuk mendemonstrasikan hal ini, Breakfast telah membuat instalasi dinding setinggi 1,8 meter.

Dalam sebuah video yang dirilis Breakfast, susunan ubin alumunium tersebut dapat bergerak ketika seseorang menggerakkan tangannya di depan instalasi.

Ketika tidak ada satu orang pun di depan dinding, susunan ubin itu akan kembali menampilkan teks atau bergeak sesuai dengan susunaan yang telah diprogram sebelumnya.

Khusus untuk instalasi ini, Breakfast telah menambahkan lampu LED pada bagian bawah setiap ubin, sehingga dinding dapat menyala saat gelap.

"Arsitektur dan industri desain interior hanya melahirkan sedikit inovasi dalam mengintegrasikan konten digital dengan cara yang estetis," ungkap Breakfast.

Untuk itu, produk keluaran Breakfast ini diharapkan dapat membantu arsitek dan desainer interior dalam memberikan inovasi dalam dunia arsitektur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com