Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Jasa Marga Batasi Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 03/11/2018, 22:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memiliki rencana untuk melakukan pembatasan kendaraan di jalan tol yang dikelolanya pada musim liburan akhir tahun 2018 ini.

Kendaraan yang dibatasi yaitu golongan II ke atas karena berukuran lebih besar dibanding kendaraan pribadi pada umumnya dan berpotensi menghambat laju kendaraan lainnya.

Menurut VP Operation Management PT Jasa Marga (Persero) Tbk Bagus Cahya, rencana itu berdasarkan saran dari Direktoral Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Ada usulan dari Ditjen Hubdar tentang pengaturan lalu lintas untuk pembatasan kendaran dan angkutan barang," ucap Bagus kepada Kompas.com di Rest Area Km 88 Tol Purbaleunyi, Sabtu (3/11/2018).

Baca juga: Jasa Marga Jelaskan Proyek Percontohan WIM di GT Muktiharjo Semarang

Jika jadi dilaksanakan, rencana itu akan berlaku antara lain di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan beberapa ruas tol lain.

Tujuannya agar arus lalu lintas lebih lancar karena biasanya pada musim liburan akhir tahun volume kendaraan yang melintasi jalan tol akan meningkat.

"Karen libur akhir tahun nanti agak panjang, mungkin pembatasan akan dilakukan mulai dari awal sampai akhir liburan," sambung Bagus.

Selain itu, petugas Jasa Marga di lapangan juga tetap melakukan persiapan lain, termasuk pemeliharaan dan perbaikan jalan.

Salah satu hal yang menjadi perhatian untuk diperbaiki yakni adanya lubang jalan di sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan genangan air.

"Upaya di lapangan standar ya, menyiapkan konstruksi, perbaikan, antisipasi genangan di lubang karena sekarang sudah musim hujan," imbuhnya.

Tidak ketinggalan pula persiapan fasilitas yang menyangkut transaksi di pintu tol, misalnya mesin transaksi di gardu dan mobile reader.

Bagus menambahkan, berbagai hal itu akan dilakukan oleh petugas di semua cabang dan ruas tol Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com