Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Gelar "Fun Rally 2018"

Kompas.com - 03/11/2018, 10:29 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar kegiatan Jasa Marga Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018.

Sesuai namanya, acara ini diadakan untuk menyosialisasikan budaya tertib berlalu lintas, termasuk di jalan tol.

"Kami berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menumbuhkan dan
menularkan budaya tertib berlalu lintas di jalan tol," ujar Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur dalam pembukaan acara, Sabtu (3/11/2018) di kantor cabang Jasa Marga Purbaleunyi, Bandung.

Latar belakang kegiatan ini, kata dia, yaitu tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan tol yang terjadi setiap hari dan berakibat menimbulkan korban.

"Menurut data kami sampai September tahun ini, ada sekitar 900 kecelakaan di tol dan setiap hari rata-rata 3 kecelakaan," ucap Subakti.

Dari angka tersebut, rata-rata ada 4 orang yang menjadi korban setiap hari, dan dalam 4 hari rata-rata 1 orang meninggal dunia. Sebagian besar penyebab kecelakaan itu adalah pengemudi, yaitu 85 persen.

Oleh karena itu, perlu dilakukan usaha untuk mencegah begitu banyak korban dan kerugian yang timbul akibat kecelakaan lalu lintas tersebut.

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur (tengah) saat ditemui pada Sabtu (3/11/2018) di kantor cabang Jasa Marga Purbaleunyi, Bandung.Erwin Hutapea/Kompas.com Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur (tengah) saat ditemui pada Sabtu (3/11/2018) di kantor cabang Jasa Marga Purbaleunyi, Bandung.
"Sangat disayangkan kalau sudah menyangkut nyawa orang, ini yang harus dikurangi," imbuh Bekti, panggilan akrabnya.

Pihaknya mengharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu keberhasilan dari penerapan budaya tertib berlalu lintas.

Para peserta juga diimbau bisa menularkan perilaku tertib berlalu lintas kepada para pengendara lain di jalan tol.

Adapun Jasa Marga Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018 pada hari ini diikuti oleh 200 peserta. Sebanyak 50 peserta dari internal Jasa Marga dan 150 peserta lain dari berbagai komunitas mobil.

Mereka menempuh jarak 71 kilometer mulai dari kantor cabang Jasa Marga Purbaleunyi, Bandung, hingga berakhir di Rest Area Km 88 Tol Cikampek ke arah Jakarta.

Keterbatasan peserta ini karena pertimbangan keselamatan dan pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalan tol yang dilalui. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com