Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bangunan Ini Dapat Predikat Buruk

Kompas.com - 26/10/2018, 17:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua bangunan di London mendapat predikat buruk, yaitu gedung 15 Clerkenwell Close milik Amin Taha, sebuah hunian vertikal lima lantai yang material bangunannya berupa rangka batu kasar.

Bangunan kedua adalah Passivhaus karya Chris Moore, sebuah rumah yang menganut prinsip ramah lingkungan dengan dinding berwarna oranye terang.

Kesalahan utama pada kedua bangunan itu yakni tidak bisa menyesuaikan dengan bangunan di sekitarnya.

Struktur bangunan yang tampak tidak biasa telah mengundang kritik dari masyarakat luas yang sebagian besar didasarkan pada penampilan bangunan teersebut.

Sebagai akibat dari buruknya penilaian terhadap bangunan itu, blok perumahan Taha di Clerkenwell terancam dibongkar. Sementara itu, rumah Moore juga dinobatkan sebagai salah satu bangunan baru terburuk di Inggris.

Tidak dapat dimungkiri bahwa kedua bangunan itu terlihat berbeda dan menonjol dari bangunan lain di sekitarnya.

Hal ini menjadi masalah bagi sebagian orang yang mengetahuinya karena seharusnya desain bangunan tersebut bisa lebih baik.

Perbedaan mencolok yang tampak dari gedung 15 Clerkenwell Close adalah material bangunannya yang terbuat dari batu kasar. Bahkan beberapa di antaranya didatangkan langsung dari lokasi tambang.

Hal itu terlihat sangat kontras dengan batu bata bersejarah yang dipasang pada bangunan di sekitarnya.

Rumah bernama Passivhaus karya Chris Moore di London.Dezeen.com Rumah bernama Passivhaus karya Chris Moore di London.

Sementara itu, di rumah Moore, batu bata berwarna oranye terang membuatnya seolah-olah melompat keluar ke jalanan di pinggiran kota yang posisinya di selatan London itu.

Namun, orang yang telah menelaah secara fisik dan mendatangi langsung kedua bangunan tersebut akan mengetahui bahwa sebenarnya pembangunan keduanya menggunakan jasa arsitek.

Gedung 15 Clerkenwell Close telah memenangi RIBA National Award, salah satu penghargaan arsitektur bergengsi di Inggris. Selain itu, masuk daftar calon peraih penghargaan dari majalah arsitektur Dezeen.

Penghargaan ini diketahui merupakan kompetisi ketat yang diikuti banyak peserta di seluruh dunia.

Salah satu kritikus yang paling vokal yaitu Ann Pembroke dari Clerkenwell Green Preservation Society. Dia mengaku merasa terkejut ketika melihat gedung 15 Clerkenwell Close karena tampak seperti jari yang sakit.

Satu orang lagi yang berkomentar adalah pimpinan komite perencanaan di Islington Council yang telah mengikuti isu ini sejak tahun 2017 dan mengatakan bahwa bangunan itu mengerikan.

“Desain adalah masalah selera, tetapi saya belum pernah bertemu siapa pun yang mengatakan bahwa itu adalah desain yang tepat," kata orang itu kepada koran lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com