Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Risha Lebih Jauh

Kompas.com - 26/09/2018, 20:22 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah instan sederhana sehat (risha) merupakan penemuan sistem konstruksi bangunan yang diciptakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Teknologi ini menjadi solusi alternatif untuk membuat rumah layak huni, aman, nyaman, dan harga terjangkau. Material yang menjadi bahan bangunan rumah ini cukup praktis dan relatif gampang dikerjakan.

Pada dasarnya, risha dibuat dengan struktur bangunan yang terdiri dari tiga jenis panel yang dibuat dari bahan beton bertulang yang merupakan campuran semen, pasir, dan kerikil.

Berikut ini penjelasan mengenai ketiga jenis panel itu:

Panel 1.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Panel 1.

Panel 1. Tebalnya 2,5 sentimeter, lebar 30 sentimeter, dan tinggi 120 sentimeter. Panel ini dikelilingi bingkai berukuran 6 sentimeter x 10 sentimeter.

Panel 2. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Panel 2.

Panel 2. Berukuran tebal 2,5 sentimeter, lebar 20 sentimeter, dan tinggi 120 sentimeter. Panel ini juga dikelilingi bingkai berukuran 6 sentimeter x 10 sentimeter.

Panel 3.  Fungsi panel ini sebagai penyambung di bagian sudut berukuran tebal 2,5 sentimeter, lebar 30 sentimeter, dan tinggi 30 sentimeter.

Sama dengan panel 1 dan 2, panel 3 pun dikelilingi bingkai berukuran 6 sentimeter x 10 sentimeter.

Kepala Seksi Balitbang Tata Bangunan dan Lingkungan Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Balitbang, Kementerian PUPR Muhajirin mengatakan, risha merupakan rumah yang simpel dan bisa dikerjakan oleh siapa pun.

Hal itu karena cara mendirikan rumahnya dengan menyambung dan menyusun panel-panel sesuai ketentuan sehingga membentuk struktur bangunan rumah.

"Struktur bangunan risha terdiri dari panel 1, 2, dan 3. Panel 1 dan 2 digunakan untuk balok dan kolom, sedangkan panel 3 untuk di bagian sudut," ujar Muhajirin saat memberi penjelasan, di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Panel 3. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Panel 3.
Dia menambahkan, ada tiga lubang yang terdapat di setiap panel itu. Masing-masing lubang itu untuk mur dan baut yang berfungsi menyambung antar-panel.

Sementara itu, sambungan dari panel ke kusen pintu dan jendela menggunakan batu bata merah dan batako.

Jikaa kita berencana membangun rumah tipe 36, ada 138 panel yang dibutuhkan. Jumlah sebanyak itu terdiri dari 78 panel 1, 30 panel 2, dan 30 panel 3.

Risha diciptakan dengan ukuran standar seluas 9 meter persegi, terdiri dari panjang 3 meter dan lebar 3 meter. Ukuran tersebut bisa diperluas dengan menambah panel sesuai kebutuhan pemilik rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com