Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Wajah Champs-Élysées Paris Bakal Berubah

Kompas.com - 18/09/2018, 13:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama beberapa dekade, Champs-Élysées telah menjadi salah satu jalan paling sibuk di Paris. Tidak dimungkiri, Champs-Élysées memang memiliki daya tarik tersendiri. Jalan ini menjadi rumah bagi monumen ikonik Arc de Triomphe.

Wilayah ini merupakan destinasi menarik bagi para turis. Setiap tahun, jutaan wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke tempat ini.

Jalan ini merupakan wilayah paling sibuk seantero kota. Namun sayangnya, area ini juga terlihat terpisah dari kehidupan masyarakat Paris.

Rencana revitalisasi

Selama bertahun-tahun, banyak pihak, seperti wali kota Paris, pemilik bangunan, dan pengusaha telah berdiskusi untuk mengubah wilayah Champs-Élysées agar terlihat lebih modern dan ramah bagi pengunjung.

Wali kota Paris bahkan telah memiliki beragam rencana untuk mengubah wajah Champs-Élysées, seperti pelebaran pedestrian, area khusus pesepeda, dan penyediaan transportasi publik.

"Selalu akan ada orang yang berpikir jika Champs-Élysées menjadi wilayah pejalan kaki, maka kemacetan akan semakin buruk," kata Walid Goudiard, Project and Development services Jones Lang LaSalle Perancis,.

Champs-Élysées, PARISGoBlues/PIXABAY Champs-Élysées, PARIS
Dia menambahkan, perubahan ini sangat relevan, mengingat kondisi jalan yang padat. Namun masyarakat juga harus berpikir mengenai manfaat jangka panjang yang akan diberikan.

Saat ini jalan Champs-Élysées memiliki berbagai fungsi. Selain sebagai kawasan wisata, jalan ini juga merupakan wilayah bisnis. Untuk itu, perubahan perubahan apa pun harus mempertimbangkan keberadaan fungsi jalan.

Sehingga, tantangannya adalah memikirkan perubahan Champs- Élysées secara keseluruhan tanpa harus mengorbankan semua fungsi jalan.

"Untuk melakukan hal ini, kami harus memikirkan tentang kepuasan pelanggan, apakah mereka akan berbelanja, pergi ke bioskop, bekerja atau mencari hiburan, setiap orang harus mendapatkan pengalaman yang menyenangkan," kata Goudiard.

Upaya yang sudah dilakukan

Revitalisasi jalan Champs-Élysées merupakan proyek jangka panjang yang membutuhkan kolaborasi, visi yang jelas, serta investasi.

"Hal ini membutuhkan brand sepeti Nike atau Les Galeries Lafayette yang siap menginvestasikan waktu dan uang dalam proyek mereka," tutur Goudiard.

Namun menurut Goudiard, perubahan tampilan Champs-Élysées juga membutuhkan investasi yang besar dalam hal pendanaan.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com