Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sewa Tarif Wisma Atlet Kemayoran Hanya Rp 1,2 Juta Per Bulan

Kompas.com - 13/09/2018, 21:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisma Atlet Kemayoran akan disewakan setelah penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Rencananya, hunian vertikal yang akan difungsikan sebagai rumah susun sederhana sewa (rusunawa) itu diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Yusuf Hari Agung mengatakan, besaran uang sewa nantinya diatur oleh pengelola setelah wisma tersebut diserahkan kepada Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg).

Baca juga: Wisma Atlet Kemayoran Bakal Jadi Rusunawa

Kendati demikian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan acuan Pasal 27 Peraturan Menteri (Permen) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun.

"Setinggi-tingginya adalah sepertiga dari upah minimum provinsi (UMP)," kata Yusuf di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Untuk diketahui, UMP Provinsi DKI mencapai Rp 3.648.035. Itu artinya, maksimum biaya sewa Wisma Atlet yang dibebankan yakni sebesar Rp 1.216.011.

Yusuf menambahkan, bila dalam pelaksanaannya ada masyarakat yang merasa tarif sewa terlalu tinggi, maka pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat memberikan subsidi tarif sewa sesuai kewenangannya.

"Tapi memang dalam prakteknya, bisa jadi masyarakat itu keterjangkauannya kurang. Seperti di Rawa Bebek, Rp 750.000. Selisih biaya operasional dan perawatan itu disubsidi oleh Pemprov DKI. Kalau (pengelolanya) di Setneg, ya Setneg yang akan subsidi," jelas Yusuf.

Untuk diketahui, terdapat sepuluh menara di dalam Kompleks Wisma Atlet Kemayoran. Tiga menara pertama dibangun di atas lahan seluas 135.000 meter persegi di Blok C-2 dengan jumlah total 1.932 unit.

Sementara, tujuh menara lainnya dibangun di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi dengan total 5.494 unit.

Setiap unit merupakan tipe 36 yang dilengkapi dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com