Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Electric Lansir Produk Terbaru

Kompas.com - 08/09/2018, 21:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kendati rupiah masih melemah terhadap dollar AS dan ekonomi belum pulih, namun tidak menghalangi para pebisnis untuk melansir produk baru.

Adalah PT Mitsubishi Jaya Elevator dan Eskalator (MJEE) dan PT Mitsubishi Electric Indonesia (MEIN) meluncurkan sejumlah produk baru yang siap dipasarkan di Indonesia.

Berbeda dengan produk-produk atas nama Mitsubishi Electric (Melco) sebelumnya yang lebih menyasar kelas premium, produk terbaru ini ditujukan untuk pasar menengah atas.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan Rp 1 Triliun Bangun Apartemen di Jadebotabek

Presiden Direktur MJEE Christian Satrya menuturkan, kedua perusahaan tersebut berkolaborasi dalam program joint product introduction event.

"Kami menilai sekarang adalah saat yang tepat untuk merilis produk baru, guna mengantisipasi keperluan pasar indonesia yang terus berkembang," kata Christian dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (8/9/2018).

MJEE akan merilis tipe elevator dan eskalator terbaru dengan harga relatif lebih kompetitif dengan pasar bidikan pusat belanja untuk eskalator, dan residensial, apartemen serta gedung perkantoran untuk elevator.

Sementara produk terbaru MEIN yang ditawarkan adalah AC Hybrid VRF System dan Lossnay atau energy recovery ventilator.

Menurut Presiden Direktur MEIN Susumu Oshibe produk Hybrid VRF System merupakan yang perdana di Indonesia. Hal ini karena tidak ada produk lain yang sama secara spesifik dengan yang diproduksi MEIN.

"Kami menargetkan rumah sakit sebagai pasar sasaran," kata Susumu.

Sedangkan untuk Lossnay yang berfungsi memulihkan energi dari exhaust air atau fresh air  intake ditujukan untuk perkantoran, hotel, mal, dan perumahan yang membutuhkan pengatur suhu ruangan dan juga udara segar pada saat bersamaan.

Produk ini diklaim hemat enegi listrik hingga 30 persen.

Revisi target

Terkait prospek pasar, Christian mengaku tahun ini memang pertumbuhannya tidak terlalu baik dibanding tahun sebelumnya.

"Saya rasa ini juga dialami oleh dunia usaha pada umumnya. Untuk tahun ini kami merevisi target 10-20 persen lebih rendah dibanding tahun sebelumnya," ungkap Christian.

Untuk diketahui, MJEE memiliki pabrik di Indoensia dengan kandungan lokal yang sudah disertifikasi TKDN mencapai 32 persen dan sisanya masih impor.

Dalam hal ini produk elevator Mitsubishi Electric adalah satu-satunya merek internasional yang memiliki pabrik di Indonesia dan diklaim paling hemat devisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com