Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Ruas Tol Semarang-Demak Gunakan Lahan Pesisir Pantai

Kompas.com - 07/09/2018, 12:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Jalan Tol Semarang-Demak yang direncanakan dimulai akhir tahun 2018 ini akan menggunakan lahan pesisir pantai Pulau Jawa.

Dengan begitu, jalan tol yang akan difungsikan menjadi tanggul laut itu bakal memanjang di sepanjang pesisir pantai.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menjelaskan, lahan yang dibutuhkan untuk jalan tol tersebut mencapai 535 hektar, meningkat dari sebelumnya 189 hektar.

Sebagian lahan di daratan akan diganti untung oleh pemerintah, namun lahan yang berada di pesisir pantai tidak akan diganti rugi.

Baca juga: Waskita Masih Tertarik Garap Tol Semarang-Demak

“Sudah. Kita ada juga ada pembebasan lahan milik masyarakat, kalau (lahan) yang di laut itu dikuasai negara, tinggal memberi patok saja,” kata Puryono, Jumat (7/9/2018).

Ia mengatakan, sejauh ini perkembangan jalan tol tersebut masih terus berproses. Saat ini, mestinya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selesai melakukan lelang untuk pekerjaan proyek.

Sementara untuk lelang penyusunan Detail Enginering Design (DED) jalan Tol Semarang-Demak seksi I telah selesai dengan pemenang PT Adhiyasa Desicon.

Perusahaan yang beralamat di Jalan Perdana Raya Banyumanik menang dengan nilai penawaran Rp 2,05 miliar.

“Tol Semarang-Demak saat ini masih berproses, mestinya sudah harus selesai lelang dengan pihak ketiga dengan kementerian PU,” kata Puryono.

“Di daerah juga sudah mulai ada titik terang untuk dilaksanakan untuk itu. Penetapan lokasi (penlok) juga sudah selesai,” tuntas Puryono.

Jalan tol Semarang-Demak dibangun untuk meningkatkan aksebilitas dan kapasitas jaringan jalan dalam melayani kawasan utara Jawa. Seperti diketahui kondisi lalu lintas kawasan utara Jawa kepadatannya yang cukup tinggi.

Selain itu, jalan tol ini juga difungsikan untuk mengatasi banjir rob yang kerap terjadi di ibu kota Jawa Tengah dan Kabupaten Demak.

Lokasi pembangunan jalan tol yang menjadi tanggul laut mulai dari Kelurahan Terboyo Kulon, Kelurahan Terboyo Wetan, dan Kelurahan Trimulyo (Kota Semarang). Sementara di Kabupaten Demak yaitu Desa Sri Wulan, Desa Bedono dan Desa Purwosari.

Jangka waktu pengadaan tanah dari bulan Maret 2018 hingga Desember 2018. Sementara jangka waktu pembangunan jalan tol ini ditarget selama 2 tahun. Pembangunan dimulai pada Januari 2019 hingga Desember 2020. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com