Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Pasar China, Broker Singapura Jalin Usaha Patungan

Kompas.com - 31/08/2018, 23:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perusahaan pialang properti yang berbasis di Singapura yang membawa bendera ERA, Apac Realty, menandatangani perjanjian kerja sama dengan dua perusahaan China.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menembus pasar properti China yang dinilai begitu besar.

Kedua perusahaan China yang diajak kerja sama itu adalah Hainan Zhong Zhi Sheng He Investment Co dan Bei Guo Tou (Shanghai) Equity Investment and Fund Management Co.

Usaha patungan yang diberi nama ERA Hainan Real Estate Marketing Co itu akan melakukan bisnis sebagai broker properti, serta mengadakan pelatihan dan memberi lisensi kepada agen properti di Hainan.

"Berbagai layanan agen real estat serupa telah dilakukan di Singapura, seperti layanan perantara penjualan aset properti baru, penjualan kembali, serta penyewaan perumahan dan area komersial," kata pihak Apac Realty, sebagaimana dilansir Straitstimes.com, Jumat (31/8/2018).

Baca juga: Orang Asia Mendominasi Investasi Properti Dunia

Mengenai kepemilikan saham, Apac Realty dan Zhong Zhi Sheng He Investasi Real Estate masing-masing akan berbagi 40 persen saham dalam usaha patungan itu.

Sedangkan 20 persen sisanya dimiliki oleh Bei Guo Tou (Shanghai).

Secara keseluruhan, menurut Apac Realty, jumlah modal saham yang tercatat dalam perkongsian itu adalah 4 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 43 triliun.

Dalam perjanjian itu juga disepakati bahwa semua bisnis penjualan proyek yang dilakukan oleh Zhong Zhi Sheng He Investment Co akan dialihkan ke perusahaan baru yang didirikan itu.

Usaha kerja sama yang digagas oleh Apac Realty ini dilakukan saat Pemerintah China sedang memberlakukan pengawasan untuk mengendalikan kenaikan harga properti di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com