Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Antigempa, Rumah Ini Juga Ramah Lingkungan

Kompas.com - 21/08/2018, 19:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Apakah Anda berencana membangun rumah anti-gempa? Tim arsitek dari Valley Plus Pvt Ltd siap membangun rumah tahan gempa sesuai kebutuhan dan permintaan pelanggannya.

Dibantu oleh merek material bangunan yang diproduksi di Thailand, tim ini menggunakan papan serat semen, sidings, panel, genteng, dan berbagai produk pengganti kayu lainnya yang dibutuhkan untuk membangun Rumah Shera di Nepal.

Tampilan yang ringan, ramah lingkungan, estetis, dan lebih sedikit waktu untuk membangunnya merupakan keunggulan rumah Shera.

Baca juga: Merekonstruksi Rumah Rusak di Lombok dengan Risha

"Kami telah memperkenalkan teknologi konstruksi terbaru yang sesuai untuk bangunan yang lebih aman," kata Direktur Valley Plus Pvt Ltd, Saroj Joshi, seperti diwartakan Thehimalayantimes.com.

Dia menambahkan, belakangan ini permintaan untuk rumah berstruktur ringan semakin meningkat meski belum bisa diterima secara luas.

Menurut Joshi, selama struktur dan fondasi rumah itu kuat, warga bisa membuatnya menjadi bangunan bertingkat.

Untuk membangun struktur rumah, rangka baja dipasang secara vertikal dan papan dipasang menggunakan sekrup. Waktu yang dibutuhkan hanya 20 hingga 30 hari untuk menyelesaikan seluruh struktur.

"Pelanggan lebih sensitif terhadap harga daripada kualitas. Namun, pelanggan yang sadar pada kualitas akan memilih produk untuk konstruksi dan ketahanan yang lebih baik,” ucap Joshi.

Rumah Shera.Sanu Maharjan/ THT Rumah Shera.

Baru-baru ini pihaknya memperkenalkan sistem dinding baru bernama Shera infillwall sebagai alternatif untuk dinding bata tradisional.

Itu adalah pilihan yang baik bagi pelanggan yang tidak ingin membuat dinding berongga karena alasan keamanan.

Menurut dia, Shera infillwall memiliki standar internasional, tahan lama, ringan, aman, dan bisa dipasang lebih cepat.

Baca juga: Bergaya Jepang, Rumah Ini Didesain Tahan Gempa

"Kami belum menerima keluhan tentang kerusakan pada gempa yang pernah terjadi. Ubin atap yang kami miliki bebas asbes dan membuatnya ramah lingkungan serta bahaya yang lebih rendah terhadap kesehatan," papar Joshi.

Dia menuturkan, produk semen serat perlu kekuatan, stabilitas, dan fleksibilitas dalam aplikasi. Selain itu, nilai estetika juga perlu dipikirkan untuk perumahan yang bergaya klasik dan kontemporer.

Produk tersebut diklaim tahan api, antirayap, dan anti lembab, serta baik untuk lantai, dinding, partisi, dan langit-langit.

Papan serat semennya juga tersedia dengan ketebalan 3,5 milimeter sampai 25 milimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com