Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi "Venue" Asian Games, Lompatan Besar Sejarah Bangsa

Kompas.com - 09/08/2018, 12:34 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan arsitektur pada berbagai venue yang disiapkan untuk Asian Games 2018 dinilai sebagai lompatan besar dalam sejarah perjalanan olahraga dan arsitektur di Indonesia.

Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Supriyanto mengungkapkan hal itu dalam peluncuran buku berjudul "Arsitektur Gelora Bung Karno 2018".

"Perjalanan ini sebagai bukti banyak hal bahwa ada lompatan besar dalam sejarah bangsa," ujar Iwan Supriyanto, Kamis (9/8/2018) di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Menurut dia, tidak banyak orang yang mendapatkan kesempatan untuk mengambil bagian dalam peristiwa bersejarah seperti Asian Games ini.

Baca juga: Kini Kompleks GBK Senayan Lebih Ramah Penyandang Disabilitas

Proyek renovasi yang dilaksanakan Kementerian PUPR bekerja sama dengan arsitek, kontraktor, dan sejumlah pihak ini menjadi perhatian masyarakat.

Iwan mengatakan, berbagai bentuk perjuangan dan pergolakan terjadi dalam perencanaan, diskusi, dan pelaksanaan renovasi semua venue, termasuk Stadion Gelora Bung Karno.

Renovasi itu tentunya memerlukan kemampuan dan keahlian khusus dari para pihak yang terlibat.

"Perlu keahlian khusus dalam renovasi ini. Ada lebih dari 6.000 pekerja yang terlibat dari seluruh Indonesia dengan mengutamakan K3," ucapnya.

Iwan menambahkan, tantangan yang dihadapi dalam renovasi itu cukup kompleks, yaitu menyangkut biaya, waktu, desain bangunan, kesamaan pemikiran, dan lain-lain.

"Tantangan besarnya antara lain biaya konstruksi, keterbatasan waktu, kesamaan dengan arsitek dan kontraktor, dan detail bangunan," imbuhnya.

Semuanya itu dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

Adapun dalam peluncuran buku yang diterbitkan oleh majalah Archinesia dan Imaji Books itu dibuka oleh Pemimpin Redaksi Archinesia Imelda Akmal dan sejumlah arsitek yang terlibat dalam renovasi GBK dan venue lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com