Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selasa Besok, Semua "Venue" Asian Games akan Diresmikan Presiden

Kompas.com - 06/08/2018, 13:33 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan renovasi venue di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, beserta penataan fasilitas pendukungnya telah selesai dikerjakan.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan seluruh venue pada Selasa (7/8/2018).

"Saya kira besok (Selasa) sore Pak Presiden akan meresmikan sisa venue yang ada di GBK," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Venue sisa yang dimaksud adalah lapangan softball, lapangan baseball, serta lapangan squash, plus fasilitas pendukung seperti Cofftea House dan elevated parking.

"Ini semua sudah (selesai), alhamdulillah sudah. Jadi semua sudah siap," cetus Basuki.

Stadion Akuatik di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Stadion Akuatik di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.
Untuk diketahui, dalam menyambut Asian Games 2018, pemerintah telah merampungkan pembangunan dan renovasi 60 venue dan 14 non venue, baik di Jakarta, Palembang, maupun Jawa Barat.

Venue yang dibangun Kementerian PUPR di Jakarta meliputi Stadion Utama GBK, Training Facility, Aquatic Center, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, Lapangan Sepakbola A/B/C, Istana Olahraga (Istora), dan Lapangan Tenis Indoor.

Kemudian, Lapangan Tenis Outdoor, Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Rugby, Lapangan Basket A/B/C, Venue Layar, Padepokan Pencak Silat, dan 10 gelanggang olahraga.

Venue dayung di Jakabaring Sport City, Palembang.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Venue dayung di Jakabaring Sport City, Palembang.
Untuk non venue, pembangunan meliputi Wisma Atlet Kemayoran, penataan kawasan GBK Zona 1, Zona 2 dan lanjutan, penataan kawasan Wisma Atlet Kemayoran D-10, pembangunan gedung parkir dan Cofftea House.

Sementara di Palembang, venue yang dibangun Shooting Range, Rowing Center/Dayung, Lake Side Jakabaring (Venue Triathlon), Skateboarding, Rollerblade dan Wallclimbing.

Untuk pembangunan non venue yakni pembangunan tiga menara Rusunami Jakabaring, Wisma Atlet Jakabaring, Rusunawa Jakabaring, penataan kawasan Jakabaring Sport City dan pembangunan lansekap dan prasarana sarana dan utilitas Rusunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com