Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Mitos Keliru tentang Perabot Kulit

Kompas.com - 21/07/2018, 18:50 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber bhg.com

KOMPAS.com - Memiliki perabot berkualitas merupakan impian banyak orang. Kini banyak pilihan perabot yang bisa digunakan di dalam ruangan.

Jika Anda kini sedang mempertimbangkan membeli perabot berbahan dasar kulit, beberapa pertanyaan ini pasti ada seperti, apakah perabot ini aman, tahan lama, atau malah sulit dalam hal perawatan?

Karena termakan oleh mitos bahwa perabot berbahan dasar kulit memiliki banyak kelemahan, maka banyak orang yang mengurungkan niat untuk membeli funitur ini.

Nah untuk menjawab pertanyaan Anda, berikut beberapa mitos mengenai perabot kulit yang sering menghantui.

Mitos: Perabot kulit tidak bertahan lama

Fakta: Perabot berbahan dasar kulit merupakan salah satu furnitur yang bisa bertahan sangat lama. Bahkan Anda dapat mewariskannya kelak ke anak cucu.

Karena terbuat dari bahan alami, maka semakin lama perabot tersebut, semakin indah pula tampilan kulitnya.

Dalam keadaan normal, lakukan pembersihan secara teratur dengan vacuum cleaner. Hindarkan perabot dari sinar matahari langsung untuk menjaga agar bahan kulitnya tetap awet.

Mitos: Perawatan perabot kulit terlampau sulit

Fakta: Perabot kulit mudah dalam perawatan. Cukup gunakan kondisioner atau lotion setiap 6 sampai 12 bulan, untuk melembapkan dan mencegah retak pada kulit.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan perabot saat terkena tumpahan atau noda dengan kain bersih atau spons penyerap. Jika perlu gunakan kain lembut yang dibasahi sedikit air hangat, lalu biarkan perabot kering.

Pembersihan perabot bisa juga dilakukan dengan metode dry foam. Metode ini dilakukan dengan menggunakan sikat putar khusus untuk melepaskan kotoran yang menempel sekaligus menghilangkan noda perabot.

Sofa kulit yang ada di salah satu pojok rumah Jessica Biel tampak menjadi salah satu daya tarik dalam rumah sang bintang. Menurut Real Simple, Jessica Biel seharusnya tidak membersihkan sofanya menggunakan bahan yang mengandung silikon.Domaine / Chris Patey Sofa kulit yang ada di salah satu pojok rumah Jessica Biel tampak menjadi salah satu daya tarik dalam rumah sang bintang. Menurut Real Simple, Jessica Biel seharusnya tidak membersihkan sofanya menggunakan bahan yang mengandung silikon.
Untuk noda mentega, minyak, atau noda lemak, bersihkan perabot dengan kain kering terlebih dahulu. Lalu diamkan karena noda akan hilang dengan sendirinya.

Hindari penggunaan sabun dan deterjen untuk membersihkan perabot, karena akan menyebabkan kerusakan pada bahan kulit.

Mitos: Perabot kulit mudah rusak, khususnya oleh anak-anak dan hewan peliharaan

Halaman:
Sumber bhg.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com