Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Juli, Pekerjaan Trotoar di Sudirman-Thamrin Rampung

Kompas.com - 06/07/2018, 23:02 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan seluruh pekerjaan revitalisasi jalur pedestrian di sepanjang koridor Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman selesai pada 31 Juli 2018.

"Tanggal 31 Juli itu kita sudah harus bersih, tidak ada lagi barier, semua sudah tertata rapi," kata Basuki usai meninjau jalur trotoar di depan Hotel Le Meridien Jakarat, Jumat (6/7/2018) malam.

Ia mengatakan, pekerjaan revitalisasi trotoar di sepanjang koridor ini sebenarnya merupakan pekerjaan rumah PT MRT Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sejumlah pekerja melakukan memasang material untuk pekerjaan revitalisasi trotoar di depan Patung Pemuda Membangun, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2018). Revitalisasi ini dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.Kompas.com / Dani Prabowo Sejumlah pekerja melakukan memasang material untuk pekerjaan revitalisasi trotoar di depan Patung Pemuda Membangun, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2018). Revitalisasi ini dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.
Namun, sebagai Ketua Pokja Sarana dan Prasarana Asian Games 2018, dirinya memiliki kewajiban untuk mendorong penyelesaian pekerjaan tersebut agar selesai tepat waktu.

"Kalau di GBK Senayan teman-teman tahu sudah selesai. Tinggal Sudirman-Thamrin ini. Saya sudah sampaikan kepada Pak Gubernur. Semua menjadi wewenang DKI, tapi saya ikut bertanggung jawab untuk mendorong," ungkap Basuki.

Saat melakukan pengecekan pada sore tadi, Basuki berjalan kaki sepanjang 3 kilometer didampingi oleh Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek Jalan Jenderal Sudirman yang telah diaspal kembali, Jumat (6/7/2018) malam. Sebagian ruas jalan ini sebelumnya sempat rusak dan bergelombang akibat pekerjaan proyek MRT.Kompas.com / Dani Prabowo Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek Jalan Jenderal Sudirman yang telah diaspal kembali, Jumat (6/7/2018) malam. Sebagian ruas jalan ini sebelumnya sempat rusak dan bergelombang akibat pekerjaan proyek MRT.
Ada sejumlah catatan pekerjaan yang menurut Basuki perlu segera ditangani. Misalnya, pagar tempat parkir Hotel Sultan yang menghadap ke Jalan Sudirman perlu segera direvitalisasi.

Pasalnya, meski jalur pedestrian telah rampung pekerjaannya, namun kondisi pagar kurang baik, nantinya akan terkesan kumuh.

"Saya sudah telepon manajernya, dan beliau sudah menyanggupi akan dilaksanakan untuk diganti pagar yang di sisi Sudirman," tambah Basuki.

Sejumlah pekerja membersihkan trotoar di depan Hotel Le Meridien, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018) malam. Jalur pedestrian di sepanjang koridor ini kini tengah direvitalisasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018.Kompas.com / Dani Prabowo Sejumlah pekerja membersihkan trotoar di depan Hotel Le Meridien, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018) malam. Jalur pedestrian di sepanjang koridor ini kini tengah direvitalisasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018.
Kemudian, jalur pedestrian yang berada di bawah Jembatan Semanggi juga masih perlu penanganan. Namun, pekerjaan itu nantinya akan dilaksanakan setelah Asian Games selesai.

Revitalisasi jalur pedestrian di bawah Jembatan Semanggi menggunakan jalur yang sudah ada atau eksisting.

Nantinya, perbaikan tersebut meliputi jalur di sepanjang Jalan Sudirman, Semanggi, hingga Bendungan Hilir.

"Ketiga, pagar jembatan Semanggi dulu pada saat peresmian Jembatan semanggi 17 Agustus tahun lalu, kita mau ganti pagarnya tapi waktu itu belum sampai baru pada mock up. Mudah mudahan bulan ini sudah terganti semua pagar semanggi jadi akan lebih cantik lagi," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com