Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Berkreasi dengan Rak Buku

Kompas.com - 30/06/2018, 16:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Vogue,bhg.com

KOMPAS.com - Buku juga perlu tempat singgah yang nyaman. Jika Anda memiliki koleksi buku beragam, tempatkan di sebuah rak atau lemari khusus agar buku-buku tersebut terawat. 

Selain untuk menyimpan, rak buku juga bisa menjadi salah satu pajangan atau perabot yang bisa Anda tonjolkan di dalam rumah.

Anda bisa membuat rak buku terlihat semakin stylish untuk menyimpan buku favorit, dengan beberapa tips berikut:

1. Kumpulkan buku yang tercecer

Jangan lupa untuk mengumpulkan buku-buku yang tercecer. Membuat rak buku agar terlihat lebih enak dipandang membutuhkan banyak buku agar rak terlihat penuh dan tidak kosong.

Anda membutuhkan banyak buku dari yang Anda bayangkan untuk membuat furnitur ini terlihat lebih menawan.

Bayangkan jika Anda membuat rak namun tempat tersebut terlihat kosong karena hanya diisi beberapa buku, maka hal tersebut akan terlihat hanya sebagai pajangan tanpa nilai guna.

2. Berkreasi dengan bagian belakang rak

Jika tidak memiliki banyak buku untuk dipajang, Anda bisa berkreasi dengan bagian belakang rak untuk menyamarkan kekosongan.

Anda bisa menggunakan cat berwarna atau berkreasi dengan motif-motif tertentu untuk membuat rak terlihat lebih hidup. Selain cat, wallpaper juga bisa digunakan menghiasi bagian ini.

Rak milik aktris Ali Wentworth dan pembaca berita George Stephanopoulos di Washington, D.C. tidak hanya berisi buku, namun juga berbagai pernak-pernik khas laut, seperti kerang. Hiasan ini dilanjutkan kembali ke atas perapian dan meja kopi yang berada tidak jauh dari rak tersebut.elledecor.com Rak milik aktris Ali Wentworth dan pembaca berita George Stephanopoulos di Washington, D.C. tidak hanya berisi buku, namun juga berbagai pernak-pernik khas laut, seperti kerang. Hiasan ini dilanjutkan kembali ke atas perapian dan meja kopi yang berada tidak jauh dari rak tersebut.

3. Penataan buku

Berdasarkan sampul, buku memiliki dua jenis yakni hardcover dan paperback. Penempatan buku-buku disesuaikan dengan jenisnya, sehingga setiap jenis buku bisa terlihat dengan jelas.

Buku bersampul hardcover ditempatkan berkelompok menjadi satu. Anda bisa meletakkannya di bagian paling bawah rak, sisanya baru buku-buku dengan sampul kertas.

Tips lain yang bisa digunakan adalah menata buku sesuai dengan temanya, yang pastinya akan memudahkan Anda dalam mencari buku saat dibutuhkan.

Selain itu Anda bisa menonjolkan buku yang memiliki sampul menarik dan dekoratif. Tempatkan buku-buku tersebut di bagian paling atas, atau di tempat yang paling mudah terlihat.

Halaman:
Sumber Vogue,bhg.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com