Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kalikuto Dibuka, Kecepatan Kendaraan Maksimal 10 Km Per Jam

Kompas.com - 13/06/2018, 20:46 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang dibuka Rabu (13/6/2018) sore tadi. Lantaran baru difungsikan, pemudik disarankan untuk berhati-hati.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, ruas tol fungsional di Jawa Tengah, termasuk jembatan Kalikuto difungsikan penuh selama 24 jam.

Ruas tol fungsional akan dibuka hingga selesainya arus mudik, atau pada H+3 Lebaran.

"Tol fungsional dibuka sampai arus mudik selesai yakni Minggu (17/6/2018). Setelah itu, Senin (18/6/2018) gantian dipakai arus balik," kata Condro, saat ditemui di Jembatan Kalikuto, sore tadi.

Baca juga: Menjejaki Daendels di Jalur Pantai Selatan Jawa

Untuk kendaraan yang melintas di jembatan itu, pemudik disarankan untuk melajukan kendaraan tidak lebih dari 10 kilometer per jam.

Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.
Jembatan Kalikuto sendiri dibuka satu jalur satu lajur. Namun jika terjadi kepadatan panjang, dimungkinkan akan dibuka dua lajur.

"Kecepatan kalau bisa 10 kilometer per jam. Nanti ada petugas yang mengarahkan," kata Condro.

Condro pun meminta petigas di lapangan untuk memasang rambu kecepatan di jalur itu.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jembatan dengan rangka baja itu aman dilalui pemudik pada masa arus mudik tahun ini.

Antrean kendaraan pemudik yang akan melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Antrean kendaraan pemudik yang akan melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.
Basuki bahkan mengujicoba jembatan itu dengan menaiki dump truck dengan berat 15 ton. Kendaraan berat yang ditumpangi pun berjalan lancar.

Jembatan Kalikuto diproyeksikan tuntas dikerjakan pada Oktober 2018 mendatang. 

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com menelusur hingga ruas terakhir Tol Trans-Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com