Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siap Kawal Pemudik di Tol Fungsional

Kompas.com - 06/06/2018, 22:48 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Jalan tol fungsional dari Pemalang sampai Kota Semarang akan dibuka perdana pada Jumat (8/6/2018) lusa untuk arus mudik 2018 ini. Polda Jawa Tengah siap menyambut pemudik yang hendak lewat di ruas tersebut.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono mengatakan, pembukaan jalur tol fungsional dilakukan pada Jumat pukul 06.00 WIB pagi.

Pemudik yang keluar tol operasional dari Brebes akan diberikan pengawalan agar tidak tersesat di jalur fungsional.

Baca juga: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

"Dari Polri, TNI, Pemerintah Daerah, Jasa Marga dan pemangku kepentingan mulai hari Jumat (8/6) nanti jam 06.00 pagi siap menerima pemudik dari Brebes melalui jalur tol fungsional," kata Condro, di sela meninjau Posko Mudik di Pintu Tol Manyaran, Semarang, Rabu (6/6/2018).

Mantan Kakorlantas Polri ini berujar, sejumlah daerah di Jawa Tengah mempunyai cara untuk rekayasa lalu lintas jika nantinya terjadi kepadatan.

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan juga telah dilakukan uji coba sebelumnya.

"Rekayasa lalulintas juga sudah disiapkan dan diujicoba," tambah Condro.

Untuk pengawalan dan pengamanan arus mudik, Polda Jawa Tengah menerjunkan 21.688 pasukan gabungan dari polres, Polda, TNI dan Pemda.

Kondisi jalan di tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Pembangunan tol tersebut sudah mencapai 95 persen dan diperkirkan dapat digunakan secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kondisi jalan di tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Pembangunan tol tersebut sudah mencapai 95 persen dan diperkirkan dapat digunakan secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.
Nantinya di tiap rute yang dilewati pemudik akan disiapkan pengamanan. Di tiap rest area, nantinya juga dijaga personel brimob dibantu TNI.

"Jumlah pasukan sebanyak 21.688. Mereka adalah petugas gabungan dari Polri, TNI, dan pemerintah daerah. Di rest area akan ada petugas bersenjata dari brimob," ucap Condro.

Selain di lokasi jalur mudik, Polda juga bakal meningkatkan pengamanan di tempat publik speeri terminal, pelabuhan, stasiun atau bandara.

"Akan ada brimob bersenjata lengkap, gegana, tim K-9 anjing pelacak," kata Condro.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pembukaan jalur tol fungsional dilakukan Jumat pagi.

Terkait pembukaan, Menhub menyerahkan ke pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas berikut keamanan dari jalur tersebut.

Pihak kepolisian juga diberi kewenangan untuk membuka tol fungsional dari Brebes hingga Semarang selama 24 jam atau tidak.

"Tergantung. Siang atau malam tergantung. Ada kemungkinan 24 jam dan tidak. Pengaturan begitu jam 6 pagi komandannya itu Korlantas, Kapolda," ujar Budi saat ditemui di terminal Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/6/2018) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com