Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Merapah Trans Jawa 3 Resmi Dimulai

Kompas.com - 02/06/2018, 08:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com resmi melakukan perjalanan menyusuri jalan nasional Trans-Jawa, Sabtu (2/6/2018) pagi pukul 07.30 WIB. 

Titik 0 keberangkatan dilakukan di Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. 

Pada ekspedisi kali ini, ada 16 ruas jalan tol, dan jalur tengah Pulau Jawa yang akan dilintasi selama dua pekan, mulai Sabtu (2/6/2018) hingga Kamis (14/6/2018).

Merapah Trans Jawa tahun ini merupakan program kali ketiga yang dilaksanakan atas kerja sama Kompas.com dengan Datsun Indonesia dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Dalam sambutannya, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho mengatakan Merapah Trans Jawa merupakan upaya jurnalistik untuk menyajikan informasi secara lengkap, aktual, akurat, kredibel, dan tepercaya tentang perkembangan infrastruktur konektivitas jelang mudik Lebaran.

"Program ini adalah panduan mudik yang kami sajikan dengan kemasan menarik dan interaktif. Kami harap dengan mengikuti Merapah Trans Jawa, masyarakat dapat mempersiapkan perjalanan mudiknya dengan matang," tutur Wisnu.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani memberikan plakat penghargaan kepada Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho usai pemaparan Rute Tol Trans Jawa di Kantor Pusat Jasa Marga. Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com memulai perjalanannya pada Sabtu (2/6/2018).MAULANA MAHARDHIKA/KOMPAS.COM Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani memberikan plakat penghargaan kepada Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho usai pemaparan Rute Tol Trans Jawa di Kantor Pusat Jasa Marga. Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com memulai perjalanannya pada Sabtu (2/6/2018).
Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menambahkan, kerja sama yang terjalin diharapkan dapat memperluas sebaran informasi mengenai strategi dan kebijakan Jasa Marga untuk ikut berkontribusi memperlancar mudik.

"Kami fokus menyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol yang ditargetkan dapat fungsional pada saat mudik nanti, seperti ruas Batang-Semarang. Di ruas ini kami sedang mengerjakan Jembatan Kalikuto. Sementara ruas tol operasional bertarif hanya sampai Pemalang," tutur Desi.

Pada kesempatan yang sama, Desi juga memastikan kerja sama dan koordinasi terpadu lintas sektor dengan instansi-instansi terkait seperti Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Kementerian Perhubungan, PLN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), TNI, dan pemerintah daerah.

"Kami harapkan mudik tahun ini berjalan lancar dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Kepada masyarakat, persiapkan perjalanan mudik dengan baik, termasuk mengisi saldo uang elektronik sesuai dengan tujuan akhir. Dan selalu taat rambu lalu lintas," tutur Desi.

Laporan perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dapat Anda baca dengan mengklik tautan ini: Merapah Trans Jawa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com