Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2018, 13:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KARTASURA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjamin kesiapan transaksi elektronik di gerbang tol (GT) pada musim lebaran tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Bila sebelumnya, transaksi elektronik masih bersifat imbauan, untuk tahun ini seluruh transaksi pembayaran telah menggunakan uang elektronik 100 persen.

"Saya kira sudah latihan setahun lebih kan, tapi kita persiapkan kalau ada yang missed," kata Basuki menjawab pertanyaan Kompas.com, Sabtu (26/5/2/2018).

Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan perhimpunan bank negara (Himbara) untuk menyediakan sekitar 150.000 uang elektronik perdana saat mudik mendatang.

Untuk memudahkan transaksi pembayaran, setidaknya 120 mobile reader disiapkan di depan gardu tol yang memiliki tingkt kepadatan tinggi, seperti GT Cikupa, GT Cikarang Utama dan GT Palimanan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengimbau, agar calon pengguna jalan tol memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan.

Apalagi, saat ini setiap kartu uang elektronik telah mampu menyimpan saldo hingga maksimum Rp 2.000.000 per kartu.

Gerbang utama Cipali siap dioprasikan penuhStanly Gerbang utama Cipali siap dioprasikan penuh
"Untuk lokasi top up sudah dibicarakan dengan masing-masing bank untuk disediakan di outlet-outlet dan lain-lain. Di (ruas tol) fungsional kita harapkan juga ada, tetapi paling tidak kita harapkan yang operasi dia sudah tersedia," jelas Basuki.

Herry menambahkan, badan usaha jalan tol (BUJT) juga telah berkoordinasi dengan perbankan untuk menyediakan layanan Bank Mobile atau layanan gerak di beberapa lokasi tempat istirahat dan parking bay di jalan tol.

Tambah lokasi top up

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menambah 43 lokasi top up uang elektronik yang tersebar di gerbang-gerbang tol yang dikelola bersama anak usaha.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, sebelumnya perseroan telah memiliki 13 lokasi top up. Dengan penambahan ini, maka lokasi top up yang tersedia mencapai 56 lokasi.

Selain itu, ia menambahkan, Jasa Marga bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan layanan gerak di tempat istirahat dan pelayanan selama periode Juni 2018.

"Penambahan lokasi top up dan Layanan Gerak ini diperuntukkan untuk menambah kenyamanan para pengguna jalan tol yang hendak melakukan perjalanan arus mudik atau balik lebaran pertengahan bulan Juni 2018 mendatang," kata Heru.

Berikut 56 lokasi top up yang ada:

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO 56 Lokasi Top Up E-Money

Berikut lokasi Mobile Reader atau layanan gerak di TI/TIP:

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Layanan Gerak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com