Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa Jakarta, "Co-working Space" di Bangkok Jadi Tren

Kompas.com - 28/05/2018, 13:01 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tren co-working space (ruang kerja bersama) berkembang makin pesat di seluruh dunia, mulai dari Amerika Serikat, Eropa, hingga sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, dan Thailand.

Di Indonesia fenomena co-working space mulai ada sejak tiga tahun lalu. Namun, ini hanya terjadi di Jakarta. Seiring dinamika pasar, kota-kota lain mengikuti dan perkembangannya kian pesat.

Serupa Jakarta, Bangkok pun mengalami fenomena ini. Bahkan, pertumbuhannya makin pesat seiring permintaan dari perusahaan-perusahaan rintisan.

Ide ruang kerja bersama muncul di San Francisco, AS, pada tahun 2015 dan sejak saat itu terus menjadi semakin populer.

Menurut World Economic Forum, saat ini jumlah pekerja lepas (freelancer) di Amerika Serikat sudah mencapai 35 persen dan di Eropa 16 persen. Peningkatan jumlahnya juga terjadi di Asia.

Pekerja lepas bisa bekerja dari jarak jauh dan  mereka lebih memilih bekerja di ruang kerja bersama, di mana mereka bisa bekerja di ruang yang nyaman dan profesional dengan orang yang berlatar belakang profesi yang berbeda.

Beberapa ruang kerja bersama juga menawarkan ruang pertemuan, dapur, dan area publik. Hal itu berarti perusahaan tidak perlu membayar banyak untuk menyewa kantor mereka.

Perusahaan bisa memilih untuk membayar biaya sewa harian atau bulanan. Jenis pekerjaan seperti ini lebih fleksibel dibanding gaya kerja konvensional.

Pentingnya "co-working space" di Thailand

Saat ini semakin banyak orang yang harus bepergian sambil bekerja pada waktu yang sama. Sebagian besar perusahaan pun memberi kebebasan kepada karyawannya untuk bekerja dari mana saja asalkan ada koneksi internet yang bagus.

Bekerja bersama menciptakan ruang bagi para pengembara di dunia digital, orang yang sering bepergian, dan para pekerja lepas.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang tersebut biasanya bekerja di bidang jasa, seperti di perusahaan arsitektur, perancang, dan fotografer.

Dalam beberapa tahun terakhir, Thailand berhasil menarik begitu banyak wisatawan dari seluruh dunia. Hal itu membuat pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan utama negara kerajaan tersebut.

Ada lebih dari 60 ruang kerja bersama yang terdapat di Bangkok, Chiang Mai, Pattaya, Pukhet, dan lain-lain. Beberapa di antaranya bekerja sama dengan kafe dan hostel sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Di kota seperti Bangkok, tentunya tempat yang Anda inginkan yaitu sesuai pilihan dan minat. Anda akan senang bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia, mendapat teman baru, membuka peluang baru, dan lain-lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com