Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Ada di Timur Jakarta, Vasanta Bangun Ribuan Apartemen

Kompas.com - 24/05/2018, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan tanpa alasan jika banyak pengembang saat ini menjadikan koridor timur Jakarta sebagai kiblat pembangunan proyek-proyek baru.

Setelah Lippo Group dengan Meikarta-nya yang menyita perhatian publik, kini Vasanta Group mencoba peruntungan melalui pengembangan properti multifungsi Vasanta Innopark.

Di atas lahan seluas 12 hektar, pengembang anyar ini akan membangun ribuan unit apartemen dalam konsep apartemen strata, apartemen servis, dan kondominium.

Baca juga: Vasanta Group Incar Rp 300 Miliar Penjualan Apartemen di Bekasi

Selain itu, mereka juga akan mengembangkan fasilitas penunjang yakni pusat belanja gaya hidup, ruko, menara perkantoran, dan hotel bintang 4.

Chairman Vasanta Group Tri Ramadi dalam perbincangan khusus dengan Kompas.com, menuturkan, koridor timur Jakarta adalah masa depan Indonesia.

Kawasan industri bertaraf internasional ada di koridor ini. Sebut saja MM2100, East Jakarta Industrial Park (EJIP), Greenland International Industrial Center (GIIC), Jababeka Industrial Estate, dan Karawang Industrial Estate.

"Kawasan-kawasan industri ini merupakan engine perekonomian Nasional," ujar Tri, di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Percepatan infrastruktur terkait konektivitas, tambah Tri, juga menjadi pemicu optimisme pebisnis untuk berpacu membangun properti di koridor timur.

Baca juga: Gandeng Lotte dan Premier, Vasanta Kembangkan Apartemen Rp 2 Triliun

Kelak, pada 2019 mendatang atau usai Pemilihan Presiden (Pilpres), koridor timur akan menjadi primadona. Saat itu, sejumlah proyek infrastruktur telah selesai pembangunannya.

"Mereka yang telah memulai rintisan membangun di sana akan menuai hasilnya," sambung Tri.

Terbukti, menara pertama Vasanta Innopark yang dipasarkan tahun lalu, terjual Rp 250 miliar dan hanya menyisakan 5 unit.

Catatan penjualan ini, kata Presiden Direktur PT Sirius Suryo Sentosa Reggy Widjaya melampaui ekspektasi.

"Ternyata minat masyarakat kelas menengah yang justru semakin menguat dengan daya beli tinggi. Karena itu kami menargetkan penjualan untuk menara kedua senilai Rp 300 miliar," kata Reggy.

Serpong

Meski mulai berkiblat ke koridor timur, bukan berarti Vasanta Group melupakan kawasan lainnya, terutama Serpong, dan Jakarta.

Di Serpong, tepatnya kawasan Alam Sutera, mereka baru saja melansir Saumata Premier dengan estimasi gross development value (GDV) Rp 2 triliun. Proyek ini hasil kongsi dengan Lotte E&C dan PT Premier Qualitas Indonesia.

"Kami bangun 502 unit apartemen dengan harga mulai dari Rp 1,3 miliar," sebut Tri.

Selain itu, Vasanta juga tengah mempersiapkan proyek Citygate 88 di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Proyek hunian vertikal ini akan diluncurkan secara resmi pada kuartal III tahun 2019. Vasanta menggandeng GS Engineering and Construction asal Korea Selatan.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com