Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Daring Menguat, ITC Cempaka Mas Gelar Festival Belanja

Kompas.com - 23/05/2018, 17:32 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren berbelanja daring yang berkembang dalam dua tahun terakhir menjadi salah satu faktor utama tutupnya sejumlah toko ritel di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Sepinya pengunjung, membuat para peritel terus merugi. Pasalnya, di satu sisi mereka harus membayar sewa kepada pengelola pusat perbelanjaan. Di sisi lain, pemasukkan mereka kian menurun karena mal makin sepi.

Salah satu pusat perbelanjaan yang terkena dampak dari maraknya bisnis dagang daring ini adalah ITC Group. Jumlah pengunjung mereka pun merosot bila dibandingkan sebelum bisnis daring berkembang.

Baca juga: Online Shopping Makin Marak, Sejumlah Merek Asing Bakal Hengkang

"Kurang lebih (penurunan) plus minus 5 persen lah," kata ITC Division Head Christine N Tanjungan kepada Kompas.com saat dijumpai di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Waktu menunjukkan sekitar pukul 13.05 WIB saat Kompas.com memasuki pusat perbelanjaan yang berada di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat ini.

Hawa sepi pengunjung memang cukup terasa. Ini terlihat sejak memasuki pintu utama pusat perbelanjaan di mana petugas keamanan memeriksa tas yang dibawa satu-dua orang yang masuk. 

Suasana sepi juga terasa di bagian dalam hingga memasuki area lantai dasar. Tak banyak pengunjung yang terlihat berseliweran di sepanjang lorong yang diisi berbagai stand pakaian, aksesoris, hingga makanan. 

Kalau pun ada pengunjung, mereka hanya sibuk berjalan-jalan sambil sesekali melihat-lihat.

Kendati demikian, Christine enggan menyebut mal yang dikelolanya sepi pengunjung. Bahkan, ia mengklaim, rata-rata jumlah pengunjung yang datang ke ITC Cempaka Mas mencapai 30.000 orang setiap harinya. 

"Kalau week end bisa tambah 20 persen," ujarnya.

Guna menggairahkan masyarakat berkunjung, ia mengatakan, ITC pun menggelar ITC Shopping Festival (ISF) 2018.

Kegiatan yang akan dilangsungkan hingga 20 Agustus 2018 ini menawarkan hadiah menarik bagi masyarakat yang menjadi member dari ITC Privilege.

ISF 2018 dilengkapi dengan tiga program yaitu super sale, belanja untung dan dagang untung. Dengan berbelanja minimal Rp 50.000 melalui kartu debit, kredit atau flazz BCA, pengunjung sudah bisa mendapatkan satu poin yang bisa diikutsertakan dalam pengundian di akhir periode.

Kegiatan yang telah memasuki tahun ketiga ini diselenggarakan di sepuluh pusat perbelanjaan milik ITC yaitu IT Mangga Dua, ITC Roxy Mas, ITC Cempaka MAs, dan ITC Kuningan.

Kemudian, ITC Fatmawati, Grand ITC Permata Hijau, Mal Mangga Dua, Orion Mangga Dua, Mal Ambasador, ITC BSD dan ITC Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com