Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor, Jalan Penghubung Antar-kabupaten di Sanggau Terancam Putus

Kompas.com - 21/05/2018, 15:30 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SANGGAU, KOMPAS.com - Jalan nasional penghubung antar-kabupaten di kilometer 259 ruas jalan Tanjung-Sanggau, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, longsor.

Jalur tersebut merupakan jalan poros tengah yang menghubungkan lima kabupaten di Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupateb Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca juga: 2019, Pemerintah Targetkan 850 KM Jalan Perbatasan Kalbar Tersambung

Novasari, warga Sanggau, mengatakan kondisi jalan tersebut semakin hari kian memprihatinkan karena kerusakan semakin parah. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu akibat tergerus air hujan.

Warga pun harus berhati-hati saat melewati jalur tersebut karena terjadi penyempitan akibat longsor.

"Kami harus berhati-hati melewati jalan itu, terutama saat berpapasan dengan kendaraan, karena longsor sudah hampir menutupi sepertiga lebar jalan," ujar Novasari saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/5/2018).

Terlebih, sebut Novasari, bagian yang longsor tersebut langsung mengarah ke sungai yang cukup dalam. Dia berharap jalan tersebut segera diperbaiki agar tak menimbulkan korban jiwa.

"Jalan ini jalur satu-satunya yang menghubungkan lima kabupaten, bisa dibayangkan kalau jalan ini putus, akses antar kabupaten menjadi terhambat," sambung Novasari.

Pengawas Lapangan Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Kalimantan Barat Ridwan membenarkan kondisi jalan yang longsor tersebut.

Menurut dia, longsor tersebut terjadi sejak tiga bulan yang lalu akibat tergerus air hujan yang semakin hari kondisinya semakin parah.

"Sudah sejak tiga bulan yang lalu longsor karena hujan, apalagi saat ini hampir setiap hari selalu turun hujan sehingga dikhawatirkan semakin memburuk apabila tidak segera ditindaklanjuti," tutu Ridwan.

Jalan longsor tersebut panjangnya sekitar 10 meter dengan kedalaman sekitar 16 meter yang langsung mengarah ke sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com