Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota-kota Asia Ini Punya Miliarder Lebih Banyak Ketimbang New York

Kompas.com - 20/05/2018, 23:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Amerika Serikat memang masih merajai dunia dengan jumlah miliarder terbanyak. Namun, sejumlah kota di Asia kini mulai mengejar dominasi negeri Paman Sam tersebut.

Menurut Sensus Miliarder 2018 yang dilakukan Wealth X, Hongkong kini tercatat memiliki 93 miliarder, pada saat yang sama New York City memiliki 103 miliarder.

Pada tahun lalu, New York hanya menambah satu orang di jajaran orang terkaya dunia. Sementara Hongkong punya 21 miliarder baru di kawasan tersebut. Ini sekaligus menjadi catatan terbanyak dibandingkan kota-kota besar di mana pun.

"Ekspansi yang kuat dari populasi miliarder Hongkong, didorong oleh kinerja ekonomi domestik yang kuat, kemajuan di pasar keuangan global, dan meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan China daratan," demikian keterangan Wealth X seperti dilansir Property-Report.

Penambahan ini sekaligus menandai adanya perputaran yang cepat pada tahun 2016, ketika pasar saham yang jatuh menghasilkan tebasan besar dalam penambahan jumlah miliarder di kawasan tersebut.

Secara keseluruhan, AS saat ini memiliki 680 miliarder dari total 2.754 miliarder yang ada di seluruh dunia. Hal ini menempatkannya di urutan pertama, disusul China dengan 338 miliarder.

Kendati Amerika mendominasi jumlah miliarder, namun kekayaan orang-orang terkaya di China mencapai 34 persen dari total kekayaan orang-orang di seluruh dunia.

Enam dari 10 negara miliarder teratas bahkan mencatat pertumbuhan miliarder yang lebih cepat dari pada Amerika.

Mereka dipimpin oleh China daratan dan India, di antaranya, dengan kenaikan populasi miliarder mereka masing-masing mencapai 35,7 persen dan 29,2 persen.

Hongkong, yang dianggap sebagai negara, mencatat kenaikan 29,2 persen. Sementara jumlah miliarder di AS hanya tercatat mengalami pertumbuhan 9,7 persen.

Ada pun populasi miliarder Asia saat ini mencapai 784 individu, atau di atas Amerika Utara yang hanya 727 orang.

Sebagian besar kekayaan miliarder ini berasal dari industri utama mereka, seperti jasa keuangan, perbankan, dan investasi (413 miliarder), diikuti konglomerasi industri (380 miliarder).

Sementara real estate menjadi sektor industri ketiga terbanyak dengan 173 miliarder.

"Menggarisbawahi peluang penciptaan kekayaan yang dihasilkan oleh tren global menuju urbanisasi. Tidak hanya di seluruh dunia yang muncul tetapi juga di sebagian besar kota-kota besar di Amerika Utara, Eropa dan Australasia," demikian tulis laporan tersebut.

Saat ini, tercatat total kekayaan miliarder di seluruh dunia naik 24 persen manjadi 9,2 triliun dollar AS.

Berikut sembilan kota dengan jumlah miliarder terbanyak berdasarkan Wealth-X Billionaire Census 2018:

1. New York City
2. Hongkong
3. San Francisco
4. Moskwa
5. London
6. Beijing
7. Singapura
8. Dubai
9. Mumbai dan Shenzhen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com