Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan 250 Bus Dukung Mobilisasi Atlet Asian Games 2018

Kompas.com - 15/05/2018, 16:18 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 250 bus disiapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna memperlancar arus mobilisasi atlet dan offisial yang bertanding pada Asian Games 2018.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan, bus terebut akan dibagi ke tiga lokasi penyelenggaraan Asian Games, yaitu 170 unit ke Jakarta, 30 unit ke Jawa Barat, dan 50 unit ke Palembang, Sumatera Selatan.

"Untuk bus di Jawa Barat akan disesuaikan dengan jadwal pertandingan serta banyaknya atlet di tiap negara," kata dia di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Baca juga: Anggaran Infrastruktur Asian Games Lebih Mahal

Budi berharap agar panitia Asian Games 2018 dapat membantu dari sisi operasinalisasi, termasuk di dalamnya memberikan pelatihan kepada para pengemudi sekaligus seragamnya.

"Jangan dibiarkan pengemudi ini menggunakan seragam yang tidak mendukung yang menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki kemampuan dan keahlian," tutur Budi.

Selain itu, ia menambahkan, saat ini Kemenhub juga tengah membangun Area Traffic Control System (ACTS) di Palembang.

ACTS tersebut dapat digunakan untuk memantau kepadatan arus kendaraan, seperti dari bandara hingga venue dan kondisi lalu lintas di dalam kota.

"Kami juga sudah mengontrak lima bus air dan nanti sudah siap sekitar bulan Juni. Ini sedang kita bangun di Batam. Nanti akan diserahkan sebagai sarana transportasi di Sungai Musi atau sebagai sarana angkut pendukung pariwisata," tuntas Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com