Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hebat Landa Dubai Marina

Kompas.com - 14/05/2018, 22:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran hebat melanda Dubai Marina pada Minggu (13/5/2018). Akibatnya puluhan warga terpaksa diungsikan untuk menyelamatkan nyawa mereka.

MElansir The National, peristiwa tersebut bermula saat api berkobar di Zen Tower tepatnya lantai 15 pada pukul 10.14 waktu setempat.

Api dapat merambat dengan cepat karena pada saat yang sama tengah terjadi badai debu, sehingga angin mengipasi api untuk naik ke atas gedung.

Menurut keterangan saksi mata, tim pemadam kebakaran butuh waktu sekitar 45 menit untuk memadamkan api yang menyala.

Baca juga: Dubai Kembali Torehkan Rekor Hotel Tertinggi di Dunia

Warga pun terpaksa berlindung di restoran dan gedung-gedung yang ada di sekitarnya. Beberapa dari mereka terlihat mengenakan masker wajah. Namun pekatnya asap tetap membuat mereka batuk dan membuat mata berair.

Kepala Pertahanan Sipil Dubai Mayjen Rashid Thani Al Matroushi mengatakan, kebakaran terlihat pertama kali di sisi luar gedung. Namun, ia tak merinci apakah itu terjadi di balkon atau sisi lain.

Yellow Boats adalah tur yang akan membawa Anda melihat Dubai dari perspektif berbeda, yakni laut. DUBAI TOURISM Yellow Boats adalah tur yang akan membawa Anda melihat Dubai dari perspektif berbeda, yakni laut.
Rashid hanya menyebut tim pemadam kebakaran tiba sekitar enam menit pascaapi terlihat.

"Tidak ada korban luka atau korban yang dilaporkan," kata Rashid.

Menurut salah seorang penghuni yang tinggal di lantai lima, Araf Mohammed, dirinya sempat lari ketika mencium bau terbakar.

"Ketika kami turun dan ada asap hitam di mana-mana. Ada kerusakan, tetapi untungnya kami bisa keluar lebih awal," kata dia.

Ketakutan juga dirasakan para penghuni Trident Tower.

"Saya melihat asap hitam datang dari bawah gedung dan naik ke udara. Putri saya dan saya ke luar balkon dan melihat asap yang berasal dari gedung dan menyadari menara (di sebelah) terbakar," kata salah seorang penghuni Trident Tower Ezio Patrizi.

Dubai Marinawww.youtube.com Dubai Marina
"Badai pasir membuat penyebaran api sangat, sangat, sangat cepat dari lantai dasar ke lantai atas. (Mungkin hanya) dalam 30-45 detik. Ada kaca yang meledak, puing jatuh, itu berantakan dan sangat menakutkan," imbuh dia.

Lokasi Dubai Marina berada di dekat Sheikh Zayed Road di sisi Jebel Ali. Tepatnya sebelum pintu ke luar menuju Jalan Garn Al Sabkha.

Kantor Media Pemerintah Dubai menyatakan, tidak ada korban luka akibat peristiwa tersebut. Api juga dapat dikendalikan sekitar pukul 11.45.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com