Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Rate Naik, Suku Bunga KPR Diprediksi Terkerek

Kompas.com - 04/05/2018, 11:32 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (USD), Bank Indonesia (BI) membuka kemungkinan untuk menaikkan BI 7-day Repo Rate yang saat ini berada pada angka 4,25 persen.

Ekonom Bank Permata Joshua Pardede mengatakan, hal ini bisa berdampak pada kenaikan suku bunga kredit konsumsi, termasuk kredit pemilikan rumah (KPR) atau apartemen (KPA).

Baca juga : Dirut Mandiri Sebut Suku Bunga KPR Bisa Turun 50 Basis Poin

"Jika suku bunga acuan BI naik tentunya akan berpengaruh pada suku bunga perbankan seperti deposito dan kredit," ujar Joshua kepada Kompas.com, Jumat (4/5/2018).

Ia mengatakan, selama ini, saat BI menurunkan suku bunga acuan, suku bunga perbankan tidak selalu langsung merespon dengan penurunan.

Namun, ketika ada kenaikan suku bunga acuan, suku bunga KPR dan KPA cenderung mudah terjadi penyesuaian.

"Hal ini karena memang biasanya industri perbankan sendiri (berupaya) untuk mendorong revenue (pendapatan) dari net interest (bunga bersih) margin-nya," tutur Joshua.

Meski demikian, Joshua menilai, tahun ini BI belum terlihat akan menaikan suku bunga acuan karena inflasi masih terkendali.

Terkait pelemahan rupiah yang terjadi, kata dia, hal tersebut hanya bersifat sementara karena dipengaruhi faktor eksternal yaitu penguatan USD, bukan diakibatkan ekonomi nasional.

"Arahnya saya lihat baru tahun depan (BI) melakukan penyesuaian atau kenaikan suku bunga," sebut Joshua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com