Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Tahun Ini, Solo-Ngawi Tersambung Tol

Kompas.com - 29/03/2018, 13:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Masyarakat yang secara rutin menjalani ritual mudik dan balik Lebaran 2018 tak perlu lagi cemas menghadapi kemacetan. 

Pasalnya, beberapa ruas tol yang merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans Jawa sudah dapat digunakan baik secara fungsional maupun operasional.

Satu di antaranya adalah Jalan Tol Solo-Ngawi yang menghubungkan wilayah Solo di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi David Wijayatno menuturkan pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi sudah dalam tahap penyelesaian, dan ditargetkan beroperasi bulan April 2018. 

"Total konstruksi atau pekerjaan fisik hingga Maret ini mencapai 95 persen dan pembebasan lahan 100 persen. Untuk ruas Kartosuro-Sragen beroperasi April 2018 atau sebelum Lebaran. Sedangkan untuk ruas Sragen-Ngawi bisa digunakan pemudik saat Lebaran," kata David di Madiun kepada Kompas.com, Kamis (29/3/2018).

Dengan konstruksi memasuki tahap akhir, David optimistis, Lebaran nanti Solo-Ngawi sudah tersambung tol dan mulai diberlakukan tarif untuk ruas Solo-Sragen.

Namun demikian, David belum mau menyebutkan besaran tarif yang akan diberlakukan. Dia hanya dapat memperkirakan bahwa lalu lintas harian rata-rata di Tol Solo-Ngawi bisa mencapai sekitar 10.000 kendaraan.

Jalan Tol Solo-Ngawi dirancang sepanjang 90,25 kilometer dan dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
 
PT Jasamarga Solo Ngawi mendapat porsi pekerjaan Seksi III dan IV dari Karanganyar hingga Ngawi sepanjang 69,35 kilometer.
 
Sementara yang menjadi porsi pemerintah adalah Seksi I dan II dari Kartasura hingga Karanganyar sepanjang 20,9 kilometer. Untuk pekerjaan kedua seksi tersebut telah rampung 100 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com