Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Titik Kepadatan Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 15/02/2018, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi ada sejumlah titik yang mengalami kepadatan pada ruas tol Jakarta-Cikampek selama akhir minggu panjang dalam rangka hari libur Imlek 2018.

Sejumlah titik kepadatan pada arus mudik diprediksi akan terjadi di Simpang Susun Cikunir yang merupakan pertemuan arus lalu lintas dari Dalam Kota, Pondok Indah, dan Tanjung Priok.

Baca juga : Libur Imlek, 78.000 Kendaraan Bakal Tinggalkan Jakarta

"Selain itu, titik lainnya adalah Rest Area KM 19 A, KM 33 A, KM 39 A, KM 57 A," ujar
AVP Corporate Communication Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/2/2018).

Kemudian, pengguna tol juga diminta untuk mewaspadai titik KM 21 A, KM 37 A dan GT Cikarang Utama yang diperkirakan terjadi kepadatan kendaraan.

Sementara itu, pada arus balik diprediksi akan terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan yang menjadi pertemuan arus lalu lintas dari Cipali dan Purbaleunyi, TIP 62 B, TI 52 B, KM 47 B (lokasi awal proyek), TIP 42 B.

Untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga melakukan sejumlah upaya.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan Panjang, 26 Gardu Tol Cipali Dibuka

Pertama adalah pengoperasian maksimal 20 gardu masuk dan 29 gardu keluar yang memanfaatkan gardu reversible dan portable dan penggunaan 8 unit mobile reader saat terjadi antrean panjang di GT Cikarang Utama.

Jasa Marga juga melakukan pendistribusian engurangan beban lalu lintas di segmen jalan tol pada kondisi puncak.

Cara dengan pengalihan rute perjalanan di tol, keluar GT Cikarang Barat 3 dan pengalihan arus lalin ke jalan arteri alternatif berdasarkan diskresi kepolisian, dan pengalihan lalu lintas ke Kalimalang 2 di Simpang Susun Cikunir.

Selanjutnya, Jasa Marga akan mengoptimalkan kapasitas lajur dengan cara memberlakuan contraflow berdasarkan diskresi kepolisian.

Contraflow ini dilakukan pada KM 21+000A sampai KM 33+000A; KM 48+200A sampai KM 62+000A untuk arus mudik dan KM 69+200B sampai dengan KM 50+000B saat arus balik.

Untuk meminimalisasi gangguan lalu lintas, Jasa Marga melakukan percepatan respon time penanganan gangguan lalu lintas dengan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Terakhir, Parking Bay di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 18 A, KM 41 A, KM 59 A, KM 58 B, KM 34 B juga akan dimanfaatkan selama libur Imlek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com