Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Hanya Perbaiki 2 Kilometer Jalan Rusak di Kendal

Kompas.com - 15/02/2018, 16:00 WIB
Slamet Priyatin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Proyek Tol Batang-Semarang yang tengah dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk berdampak pada kerusakan jalan di sekitarnya.

Truk-truk dan kendaraan bertonase tinggi pengangkut material yang lalu lalang menuju dan dari proyek jalan tol tersebut menjadi penyebab 22 ruas jalan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rusak berat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sugiono, mengatakan hal tersebut kepada Kompas.com, Kamis (15/2/2018).

Menurut Sugiono, dari 22 ruas jalan yang rusak itu, memang beberapa sudah ada yang diperbaiki oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Di antaranya Jalan Weleri-Sedayu dan Dampal Magangan.

 

"Belum seluruhnya. Jadi kami sepakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, menandatangani perjanjian kerja sama atau memorandum of understanding (MOU), terkait jalan-jalan yang dilewati angkutan berat pembawa material jalan tol," tutur Sugiono.

Waskita menyepakati perbaikan jalan yang rusak akibat pembangunan jalan tol. Hanya, jalan yang diperbaiki beberapa ratus meter saja. Terutama akses yang berdekatan dengan jalan tol.

Padahal angkutan berat pembawa material proyek jalan tol itu, juga melewati jalan lainnya. Kondisinya juga sama-sama rusak.

“Paling panjang jalan yang akan diperbaiki oleh Waskita hanya 2 kilometer,” cetus Sugiono.

Untuk itu, tambah Suigino, pihaknya akan meminta anggaran kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, untuk memperbaiki jalan rusak.

Sugiono mengatakan, Pemkab Kendal belum punya anggaran untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak.

“Panjang jalan di Kabupaten Kendal ada sekitar 770 kilometer. Yang masuk kategori rusak berat ada 180 kilometer,“ cetus Sugiono.

Menurut dia, tahun ini Pemkab Kendal hanya mampu menganggarkan Rp 50 miliar untuk perbaikan jalan. Uang sebesar itu, hanya bisa melapisi jalan dengan beton sekitar 40 kilometer.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com