Jembatan di Jalan Tol Batang-Semarang Bisa Dilintasi - Kompas.com

Jembatan di Jalan Tol Batang-Semarang Bisa Dilintasi

Kompas.com - 02/02/2018, 13:00 WIB
Jembatan tol Semarang-Batang di atas jalan raya Kaliwungu-Boja Kendal. Kompas.com/Slamet Priyatin Jembatan tol Semarang-Batang di atas jalan raya Kaliwungu-Boja Kendal.

KENDAL, KOMPAS.com - Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, yang kini tengah dikebut pembangunan fisiknya dirancang memiliki 84 jembatan.

Sebanyak 31 di antaranya dudah terpasang kerangkanya. Bahkan, ada beberapa yang sudah bisa dilewati kendaraan.

Humas PT Jasamarga Semarang Batang Andy Susilo mengatakan, 84 jembatan yang ada di tol Batang-Semarang terdiri dari 46 under bridge (jembatan di atas sungai), 9 underpass (jembatan di atas jalan) dan 28 overpass (jembatan di atas jalan umum).

Adapun 31 jembatan yang sudah terpasang kerangkanya, terdiri dari 17 underbridge, 3 underpass, dan 11 overpass.

“Satu lagi, hari ini di pasang, adalah underpass di Protomulyo, atau di atasnya jalan Kaliwungu-Boja,” kata Andy kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2018).

Andy menambahkan, setelah pemasangan kerangka jembatan, akan dilakukan pengecoran. Hal ini dilakukan sesegera mungkin mengingat targetnya pada Lebaran 2018 seluruh jembatan sudah bisa dilewati.

Selain 84 jembatan, Jalan Tol Batang-Semarang juga dilengkapi 5 simpang susun dan 55 box traffic. Hingga kini, pembangunannya masih dalam proses.

"Kelima simpang susun itu berada di Weleri, Kendal, Kaliwungu dan Krapyak," cetus Andy.

Rencananya, kata Andy, Tol Batang–Semarang yang membentang sepanjang 75 kilometer ini juga dilengkapi 5 gerbang tol (GT) yang terdapat di Tulis, Weleri, Kendal, Kaliwungu dan Kalikangkung.

Untuk diketahui, pembangunan jalan tol ini terbagi menjadi 5 seksi. Seksi 1 awal proyek-Batang Timur (3,2 Km), seksi II Batang Timur-Weleri (36,35 Km), seksi III Weleri–Kendal (11,05), seksi IV Kendal -Kaliwungu (13,5 Km), dan seksi V Kaliwungu-Krapyak (10,9 Km).

“Untuk pembangunan fisik sudah mencapai 65,73 persen dan pengadaan tanah sudah mencapai 98 persen,” tutup Andy.



EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X