Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bakal Punya Markas Baru di Inggris

Kompas.com - 08/02/2018, 09:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa perusahaan media sosial, Facebook, berencana membuka markas besar barunya di Inggris.

Facebook dikabarkan akan bergabung dengan Google membangun markas di kawasan teknologi baru di London, King's Cross.

Dilansir Dezeen dari The Times, Facebook berencana mengambil empat gedung di dekat Stasiun King's Cross. Luas area perkantoran itu mencapai 65.000 meter persegi.

Lokasi kantor tersebut berada di sebelah utara sekolah seni Central Saint Martins, yang sebelumnya difungsikan sebagai gudang pada abad ke-19 sebelum direnovasi oleh Stanton Williams.

Pada akhir tahun lalu, sempat menyeruak kabar bila Facebook tengah bernegoisasi dengan pengembang Argent, dalam mengembangkan kantor pusatnya di London. Namun, Argent enggan memverifikasi kabar tersebut.

Kebal Brexit

Masih menurut sumber The Times, kantor Facebook yang baru itu akan digunakan sebagai 'ruang pengembangan', bukan untuk merelokasi karyawan mereka yang ada di London.

"Mereka sama sekali tidak memiliki orang-orang untuk dimasukkan ke sana. Orang-orang ini kebal terhadap Brexit, dan mereka harus berada di London karena di sanalah bakat mereka," ungkap sumber The Times.

Facebook akan mejadi firma teknologi baru yang mengembangkan kantor di King's Cross.

Sebelum ini, Google telah membangun kantor pusat baru di kawasan ini. Dirancang oleh Bjarke Ingles dan Thomas Heatherwick, kantor Google seluas 93.000 meter persegi dan bisa menampung 7.000 karyawan pada tahun lalu.

Arsitek belum diketahui

Sampai saat ini, belum diketahui siapa arsitek yang bakal merancang kantor baru Facebook tersebut.

Pada 2015, Facebook memindahkan karyawannya ke kantor pusat baru mereka di Silicon Valley. Kantor seluas 40.000 meter persegi itu merupakan hasil rancangan Frank Gehry.

Facebook mengklaim bila kantornya merupakan kantor yang memiliki area terbuka terbesar di dunia.

Gehry juga merancang salah satu kantor perusahaan di dekat Oxford Street, yang melengkapi kantor pusat perusahaan itu yang berada di Dublin, Irlandia.

Dalam sepuluh tahun terakhir, kawasan King's Cross telah berkembang pesat. Baru-baru ini, Dugaan Morris menyelesaikan sebuah blok perkantoran baru dengan desai eksterior milenium berwarna merah muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com