Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Besar Kota di Dunia Memberi Harapan Terbaik

Kompas.com - 31/01/2018, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Inovatif, cerdas dan berpandangan ke depan. Kota-kota di bawah ini menarik orang untuk berbisnis dan investasi.

Berikut beberapa alasan mengapa London, New York, Paris, Singapura, Tokyo, Hongkong dan Seoul adalah tujuh kota dengan harapan terbaik di dunia, menurut The Universe of City Indices 2017.

London & New York

"London dan New York terus memimpin daftar dengan menarik kehadiran perusahaan, bakat, modal, dan pengaruh informal," kata Jones Lang LaSalle (JLL).

Kedua kota ini terus menarik sejumlah besar investasi real estat komersial, lebih dari 250 miliar dollar AS (Rp 3.353 triliun) di antaranya.
     
Dominasi New York dan London mungkin akan ditantang Inggris yang kini masih menyesuaikan diri pasca keluar dari Uni Eropa.

Bagaimana kebijakan proteksionisme pemerintah AS akan dimainkan juga perlu dilihat kembali.

Dalam kedua skenario tersebut, kemampuan untuk mengakses talenta internasional, sebagai atribut kunci sebuah kota yang sukses, bisa terhambat.

Menara Eiffel dengan penerangan berwarna merah muda pada Peringatan 25 tahun Kampanye Kesadaran Kanker Payudara sekaligus peluncuran Pink October atau Bulan Kesadaran Kanker Payudara, di Paris, Rabu (27/9/2017).AFP PHOTO/THOMAS SAMSON Menara Eiffel dengan penerangan berwarna merah muda pada Peringatan 25 tahun Kampanye Kesadaran Kanker Payudara sekaligus peluncuran Pink October atau Bulan Kesadaran Kanker Payudara, di Paris, Rabu (27/9/2017).
Paris

Sementara itu, kota-kota lain bersaing untuk posisi terdepan. Paris, yang saat ini menduduki posisi ketiga dalam daftar, sibuk menjalankan salah satu program infrastruktur paling ambisius di dunia, yakni proyek 'Grand Paris'.

Ibu kota Perancis ini juga akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024, yang tentu saja memberikan kesempatan lain untuk meningkatkan reputasi globalnya.

Singapura

Kemudian, Singapura berada di urutan keempat dalam daftar. Negara kota ini telah lama berinvestasi di sektor infrastruktur, termasuk rencananya untuk menjadi "kota pintar".

Konon, Singapura menghadapi persaingan ketat dari rekan-rekannya di Asia.

Pemandangan kota Tokyo dilihat dari TOKYO SKYTREE, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan  oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pemandangan kota Tokyo dilihat dari TOKYO SKYTREE, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.
Tokyo

Selanjutnya, Tokyo, di urutan kelima, akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2020. Menurut laporan JLL, hal tersebut menawarkan sebuah katalis perubahan dalam satu generasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com