Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia dan Timor Leste Kerjasama Bangun Jembatan di Perbatasan

Kompas.com - 27/01/2018, 12:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang NTT Hadrianus Bambang Nurhadi Widihartono mengatakan, Pemerintah Indonesia akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Timor Leste terkait pembangunan jembatan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Hadrianus, belum lama ini telah dilakukan pertemuan antara perwakilan dari kedua negara untuk membahas pembangunan jembatan itu.

"Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian PUPR, ingin memperbaiki sejumlah jembatan di perbatasan yang sudah harus dipugar," kata Hadrianus kepada Kompas.com, Kamis (25/1/2018).

Hadrianus menyebut, walaupun pembangunan jembatan itu menggunakan anggaran dari pemerintah Indonesia, namun lokasinya masuk ke wilayah Timor Leste.

"Kementerian Luar Negeri juga sudah membicarakan hal ini dengan Timor Leste," ujar Hadrianus.

Dia mengatakan, Kemenlu RI akan menjadi fasilitator pembangunan jembatan sepanjang 30 meter itu. Sementara, pembangunannya akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga.

"Sudah ada kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste. Kita masih menunggu nota kesepahamannya," tuturnya.

Hadrianus meyakini, Pemerintah Timor Leste akan menyetujui pembangunan jembatan itu.

Pasalnya, jembatan tersebut merupakan satu-satunya jalur resmi yang harus dilewati oleh para pelintas dari kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com