Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kulon Progo Didesain Tahan Gempa 8 Magnitudo dan Tsunami

Kompas.com - 26/01/2018, 17:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progro yang ditargetkan beroperasi pada April 2019, disebut memiliki desain tahan bencana. Baik itu bencana gempa bumi hingga tsunami.

Seperti diberitakan harian Kompas, posisi landasan pacu bandara rencananya sekitar 400 meter dari pantai selatan Jawa yang memiliki sejarah kegempaan besar dan tsunami.

Berdasarkan data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa bumi di selatan Jawa bermagnitudo 8,5 dengan tinggi tsunami 15 sentimeter.

Data lain menyebut, kekuatan gempa mencapai 8,8 Magnitudo dengan gelombang tsunami lebih tinggi.

"Kita ingin membangun, asumsinya dari BMKG dengan Angkasa Pura (AP) I menghitung secara detail. Jadi jangan takut lagi (Bandara) Kulon Progo kena tsunami. Karena kita sudah memperhitungkan dengan skala 8 Magnitudo yang belum pernah terjadi di Jawa," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor BMKG, Jumat (26/1/2018).

Pada akhir Oktober lalu, investor dan pembangun NYIA telah bertandang ke Jepang untuk menggali pengalaman negara tersebut dalam membangun bandara tahan gempa.

Dua konsultan teknik, Nikken Sekkei dan Nippon Koei, serta sejumlah pakar ditemui untuk mendapat masukan yang tepat atas desain bandara.

Menurut Budi, desain bandara yang menelan investasi sebesar Rp 6,7 triliun itu dipastikan akan memenuhi aspek mitigasi bencana.

Bila terjadi tsunami, bukanlah penghalang yang dibangun, tetapi bagaimana memastikan agar air dapat mengalir.

Usulan tersebut, berasal dari sejumlah ahli asal Jepang yang telah malang melintang dalam urusan tsunami.

"Misalnya listrik, tidak boleh di lantai 1, (tapi) di lantai 2. Lantai 1 dibiarkan kalau tsunami, air dibiarkan masuk ke dalam. Hal seperti ini yang kita siapkan lebih awal," jelas Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com