Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Rumah di Tepi Pantai, Perhatikan Lima Hal Ini

Kompas.com - 16/01/2018, 21:33 WIB
Dani Prabowo

Penulis

Sumber Nine

KompasProperti - Memiliki rumah di tepi pantai, mungkin sedikit bisa memberikan jaminan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu saat liburan.

Rumah di tepi pantai juga bisa menjadi salah satu aset investasi, selain villa di kawasan pegunungan. Sebab, rumah tersebut bisa Anda sewakan pada saat musim kemarau atau liburan.

Namun, sebelum Anda membeli rumah di tepi pantai, ada baiknya bila memperhatikan sejumlah saran yang dirangkum KompasProperti dari Nine berikut ini: 

1. Lokasi adalah kunci

Untuk menarik minat wisatawan, Anda harus mencari properti yang dekat dengan titik wisata.

Untuk memastikan agar investasi yang dibenamkan cepat kembali, maka Anda perlu mencari lokasi yang diperkirakan memiliki nilai pertumbuhan yang tinggi.

2. Pastikan memiliki pemandangan laut lepas

Liburan di pantai menjadi salah satu pilihan teratas pada setiap list liburan. Untuk itu, membeli rumah yang bisa langsung mengakses pantai dengan berjalan kaki, sangat dianjurkan.

Memang, rumah semacam ini akan sangat sulit ditemukan. Oleh karena itu Anda bisa mencari properti yang memiliki pemandangan lain yang cukup menarik calon penyewa.

3. Kamar tidur melimpah

Liburan ke pantai, identik liburan bersama keluarga. Untuk itu, tentunya wisatawan akan mencari sebuah tempat liburan yang dapat menampung banyak anggota keluarganya.

Semakin banyak kamar tidur yang dimiliki rumah pantai Anda, akan semakin menarik bagi calon penyewa.

Ini juga berarti Anda bisa menaikkan harga sewa rumah tersebut, dan mengenakan biaya lebih untuk kamar tidur tambahan.

4. Persiapkan biaya renovasi

Sebagian besar rumah-rumah yang berada di kawasan pesisir pantai, umumnya cukup berumur. Tentunya, hal ini membuat Anda perlu merogoh kocek untuk melakukan renovasi.

Biasanya, rumah yang berdekatan dengan pantai, sangat rentan dengan erosi dan kerusakan yang disebabkan oleh angin, sehingga kunci dari bangunan itu adalah struktur pondasi batu bata yang padat.

5. Menjaga iklim

Penting untuk memastikan agar properti yang dibeli dapat digunakan di segala musim. Terutama bila Anda ingin rumah pantai itu juga bisa digunakan saat musim dingin.

Anda bisa mencari rumah yang memiliki perapian atau sistem pengatur suhu udara yang memiliki fungsi ganda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Nine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com