Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Dapat Pinjaman Rp 1 Triliun Bangun Tol Salatiga-Kartasura

Kompas.com - 15/01/2018, 21:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menerima pinjaman Rp 1 triliun dari 4 lembaga pembiayaan.

Lembaga tersebut adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), PT Bank of Tokyo Mistsubishi UFJ Cabang Jakarta, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Kredit ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan proyek jalan tol Salatiga–Kartasura sepanjang kurang lebih 32 kilometer.

"Dana ini digunakan untuk penyelesaian pembangunan tol Salatiga–Kartasura yang
diharapkan dapat selesai sebelum lebaran tahun 2018," jelas Direktur Keuangan dan Strategi PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Tunggul Rajagukguk melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Senin (15/12018).

Jangka waktu pinjaman ini adalah 1 tahun dengan bunga 8,25 persen. Waskita Karya selaku kontraktor menerapkan sistem kerja tiga shift atau 24 jam penuh dalam sehari pada proyek pembangunan ruas jalan tersebut.

Kondisi aktual proyek Jalan Tol Salatiga - Kartasuro, Senin (25/9/2017).Kompas.com / Hilda B Alexander Kondisi aktual proyek Jalan Tol Salatiga - Kartasuro, Senin (25/9/2017).
Pengerahan tenaga kerja tanpa jeda ini dilakukan guna mengejar pembangunan konstruksi yang ditargetkan selesai pada Juli 2018.

Hingga Desember 2017, ruas jalan tol yang termasuk ke dalam Jalan Tol Semarang-Solo Seksi IV dan V ini telah merealisasikan sekitar 39,23 persen dari segi pembangunan konstruksi, sedangkan pembebasan lahan sudah rampung.

Jalan tol Semarang-Solo sepanjang 73 kilometer merupakan bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa.

Dari total panjang jalan tol itu, ruas sepanjang 35,82 kilometer berada di wilayah Kabupaten Semarang.

Seksi I rute Semarang-Ungaran dan Seksi II rute Ungaran-Bawen saat ini dioperasionalkan. Seksi III ruas Bawen-Salatiga rampung dan diresmikan operasionalnya pada September 2017.

Kondisi aktual Jalan Tol Salatiga - KartasuroKompas.com / Hilda B Alexander Kondisi aktual Jalan Tol Salatiga - Kartasuro

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com