Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono Yang Siap Operasi Baru 49,5 KM

Kompas.com - 10/01/2018, 20:00 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KompasProperti — Ruas jalan tol Ngawi-Kertosono yang siap beroperasi dan akan diresmikan Presiden Jokowi awal Februari 2018 baru 49,5 kilometer. Padahal sesuai perencanaan, panjang ruas tol Ngawi-Kertosono yang dibangun mencapai 87,5 kilometer.

"Seluruh ruas jalan tol Ngawi-Kertosono sepanjang 87,5 KM. Saat ini yang siap akan operasi segmen Ngawi Wilangan dengan panjang ruas jalan 49,5 kilometer," ujar Direktur PT Ngawi Kertosono Jaya, Iwan Modyarno kepada KompasProperti, Rabu ( 10/1/2018).

Menurut Iwan, terdapat dua segmen pembangunan ruas jalan tol Ngawi-Kertosono. Segmen pertama ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,5 kilomtere, dan sisanya segmen kedua ruas Wilangan-Kertosono.

Iwan mengatakan segmen Wilangan-Kertosono dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Diperkirakan segmen sepanjan 38 kilometer itu akan selesai akhir 2018.

Untuk perkembangan pembangunan ruas Ngawi-Wilangan, Iwan menjelaskan, pekerjaan diperkirakan selesai akhir Januari 2018.

"Saat ini kami melengkapi rambu lalu lintas, finalisasi pemasangan peralatan tol, finishing gerbang tol, perapihan badan jalan dan talud," jelas Iwan.

Terkait gerbang tol yang dibangun di ruas Ngawi-Kertosono, Iwan mengatakan terdapat tiga gerbang tol yakni Madiun, Caruban dan Nganjuk.

Sementara rest area terdapat enam buah, empat di ruas Ngawi-Wilangan dan dua di Wilangan-Kertosono.

"Untuk di Ngawi-Wilangan ada dua rest area yang dilengkapi dengan SPBU," cetus Iwan.

Iwan menambahkan anggaran pembangunan jalan tol segmen Ngawi-Wilangan sebesar Rp 3,8 trilyun. Untuk pelaksana pekerjaannya, seksi pertama sepanjang 20 kilometer oleh Waskita Karya, seksi kedua dan ketiga sepanjang 29,5 kilometer dikerjakan Adhi Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com