Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditarget Rampung Bulan Depan, Berikut Progres Pekerjaan Renovasi GBK

Kompas.com - 23/11/2017, 11:35 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pekerjaan renovasi kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, ditargetkan selesai bertahap hingga Desember 2017. Pasalnya, akan dilangsungkan test event pada Februari 2018 atau enam bulan sebelum Asian Games 2018 dihelat.

Lantas, sudah sejauh mana capaian progres renovasi venue olah raga tersebut?

Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga kini progres pembangunan secara keseluruhan telah mencapai 87,27 persen.

Sampai akhir November nanti, renovasi Stadion Utama GBK yang kini telah mencapai 96,62 persen ditargetkan rampung.

Progres konstruksi Stadion Utama GBK.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Progres konstruksi Stadion Utama GBK.

Sementara, berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Infrastruktur Asian Games 2018 per 21 November 2017, secara bertahap venue olah raga yang akan rampung pada Desember 2017 yakni Training Facility, Stadion Tenis Indoor dan Outdoor, Stadion Madya, dan Softball.

Kemudian, disusul dengan penyelesaian Gedung Basket dan Lapangan Baseball, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan dan Lapangan Sepakbola A/B/C serta Stadion Renang (Aquatic).

Pada Februari mendatang, test event akan dilangsungkan untuk sepuluh cabang olah raga, mulai dari atletik, bulu tangkis, basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, voli, dan angkat besi.

Stadion akuatik GBK.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Stadion akuatik GBK.

Lanskap

Selain renovasi venue, Kementerian PUPR juga menata ulang lanskap GBK. Pekerjaan ini terbagi ke dalam dua paket yaitu Zona 1 yang digarap PT Adhi Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 253,8 miliar dan Zona 2 yang ditangani PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak 323 miliar.

Untuk paket Zona 1 meliputi pekerjaan lingkar stadion utama GBK, kolam resapan stadion utama GBK, softscape, mekanikal dan elektrikal, dan tembereng venue.

Berikutnya, teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan hardware, gedung penunjang, street furniture, jalan lingkar dalam, gerbang tiket, pagar, sistem tata suara kawasan, dan penataan venue.

Lapangan tenis GBK.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Lapangan tenis GBK.

Sementara pekerjaan Zona 2 meliputi penataan koridor, pedestrian parkir timur, kawasan parkir timur, ducting utilitas, tembereng antar venue (TAV) taman tropis dan taman anggrek, tembereng venue (TV) venue aquatic, istora, soft ball.

Berikutnya, softscape koridor, jalan lingkar dan tembereng, outdoor lighting, gedung dan bangunan penunjang, jalan lingkar dalam timur, jalan lingkar dalam tenggara, jalan lingkar dalam utara B, jalan antara mega sport dan JCC, pembangunan lapangan gateball dan hoki, gerbang kawasan, sistem elektrikal kawasan dan penerangan gerbang.

Berdasarkan laporan terakhir, pekerjaan Zona 1 saat ini telah mencapai 58,52 persen dan kini tengah dilakukan pemasangan Bekton.

Sementara, pekerjaan Zona 2 saat ini sedang dilaksanakan pekerjaan pemeliharaan taman anggrek dan penataan koridor timur dengan progres 79,72 persen. Keduanya juga ditargetkan selesai pada Desember 2017 ini.

Lapangan Baseball dan softball GBK.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Lapangan Baseball dan softball GBK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com