Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Dijadwalkan Hadiri "Groundbreaking" Bendungan Terbesar di NTT

Kompas.com - 16/11/2017, 11:25 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Bulan Desember 2017 mendatang.
 
Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengaku telah mengirimkan surat undangan ke Presiden Jokowi.
 
Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja (Raker) Gubernur bersama Wali Kota dan Bupati se-NTT di Aula Fernandez Kantor Gubernur, Rabu (15/11/2017). Raker ini bertema ‘Bersama Membangun Indonesia dari NTT’ itu dihadiri Forkompimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.
 
"Surat undangan kepada Presiden Jokowi untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) NTT ke-59 pada 20 Desember 2017. Jika pak presiden berkesempatan hadir maka sekaligus akan mengikuti kegiatan peletakan batu pertama Bendungan Temef," kata Lebu Raya di Kupang Kamis (16/11/2017).
 
Bendungan Temef merupakan bendungan terbesar di NTT dengan kapasitas tampung mencapai 80 juta kubik air.
 
Bendungan ini bisa menghasilkan listrik sekitar 500 MegaWatt. Bendungan Temef mampu mengairi kawasan persawahan di dua kabupaten yakni TTS dan Kabupaten Malaka.
 
Selain itu lanjut Lebu Raya, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan sejumlah proyek strategis nasional yang dibangun di NTT yakni Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang serta Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin di Kabupaten Malaka, dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
 
Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan meletakan batu pertama pembangunan Jembatan Palmerah Pancasila di Kabupaten Flores Timur dan Semen Kupang Indonesia.
 
Ada juga proyek strategis nasional lainnya seperti garam di Bipolo, Kabupaten Kupang dan proyek jalan di Labuan Bajo-Reo di Kabupaten Manggarai yang masuk sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com