Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Dapat Injeksi Rp 5,1 Triliun untuk Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 07/11/2017, 20:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) yang menggarap proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) mendapatkan suntikan dana Rp 5,1 triliun guna menggarap proyek tersebut.

Bantuan tersebut berasal dari kredit sindikasi tujuh bank dan lembaga keuangan. Empat bank di antaranya bertindak sebagai Join Mandated Lead Arranger dan Bookrunner, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, dan PT Bank CIMB Niaga.

Sementara bertindak sebagai anggota sindikasi yakni BNP Paribas, Sarana Multi Infrastruktur (SMI), dan KEB Hana Bank.

"Dengan ditandatanganinya pemberian plafon kredit untuk proyek ini, tentunya semakin mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan atas proyek tersebut dan akan menopang kinerja Waskita baik secara operasional maupun finansial," kata Direktur Keuangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Tunggul Rajagugkguk, dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11/2017).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang dirancang sepanjang 36 kilometer, telah dibangun sejak Triwulan II-2017. Proyek ini ditargetkan rampung dan dapat beroperasi pada 2019 mendatag.

Proyek yang dibangun di atas jalan tol eksisting ini digarap dengan metode Sosrobahu. Konsepnya, dengan memasang konstruksi pier head sejajar dengan jalan yang ada di bawah dan bisa memutar 90 derajat.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak gangguan pada Tol Jakarta-Cikampek, yang ditimbulkan akibat pekerjaan konstruksi.

Selain Sosrobahu, tol ini dibangun dengan menggunakan teknologi double truss launcher. Alat ini berbentuk portal yang akan berdiri di atas jalan tol Jakarta-Cikampek dengan tujuan agar mobilisasi box girder tidak akan mengganggu aktivitas di ruas jalan tol.

Pemasangan box girder perdana di KM 46.200 arah Cikampek pun telah dilangsungkan, Selasa (7/11/2017) dini hari.

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun meminta, agar proses pemasangan box girder ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam proses pemasangan tersebut.

Dibutuhkan setidaknya 2.500 buah box girder untuk merampungkan seluruh pekerjaan konstruksi ini.

Masing-masing box girder berukuran panjang 60 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2,4 meter, dengan berat masing-masing 80 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com