Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Bogor Punya Jalan Tol Baru

Kompas.com - 05/11/2017, 15:22 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Seksi IIB Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) mulai dari Kedung Badak hingga Simpang Yasmin sepanjang 2,65 kilometer, ditargetkan rampung pada April 2018.

Saat ini pekerjaan konstruksi telah mencapai 70 persen dengan pembebasan lahan 95 persen.

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Refly Harun berharap pekerjaan konstruksi tol ini dapat rampung tepat waktu.

"Tentunya ada kendala-kendala di lapangan, baik saat pembebasan lahan, dan juga konstruksi, namun jika melihat progres yang telah dicapai PT MSJ, maka kita cukup optimis ruas ini siap untuk melayani masyarakat pada pertengahan tahun 2018," kata Refly dalam keterangan tertulis, Minggu (5/11/2017).

Jalan tol yang dirancang sepanjang 11 kilometer ini dioperasikan PT Marga Sarana Jabar (MSJ) atas kerja sama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan PT Jasa Sarana yang merupakan BUMD milik Pemprov Jawa Barat.

Pekerjaan proyek yang terdiri atas tiga seksi ini telah dimulai sejak November 2005 lalu. Untuk Seksi I Sentul Selatan-Kedung Halang sepanjang 3,7 kilometer telah beroperasi sejak November 2009.

Sementara, Seksi IIA Kedung Halang-Kedung Badak juga telah diresmikan dan dioperasikan pada Mei 2014 lalu. Adapun untuk Seksi III nantinya akan terbentang mulai dari Simpang Yasmin hingga Kedung Waringin.

Direktur PT MSJ Hendro Atmodjo mengatakan, pekerjaan konstruksi Seksi IIB Tol BORR cukup baik.

"Terlihat dari target penyelesaian yang maju lebih awal dibandingkan target semula, dengan upaya bersama, kita harapkan Jalan Tol BORR dapat segera menjadi alternatif pilihan bagi pengguna jalan di tahun 2018," kata dia.

Sebelumnya, Hendra mengusulkan, agar tarif Tol BORR naik setelah pekerjaan konstruksi Seksi IIB rampung. Usulan itu nantinya akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum.

"Rencana akan ada kenaikan tarif, kita sedang mengusulkan. Tentunya nanti yang menentukan menteri PU. Usulannya Rp 10.000 untuk single tarif sampai Simpang Yasmin," ucap Hendro, Jumat (3/11/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com