Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2017, Pembangunan Bandara Wirasaba Dimulai

Kompas.com - 25/09/2017, 12:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

PEMALANG, KompasProperti - Dalam Dialog Nasional Sukses Indonesia-Ku, di Pemalang, Jawa Tengah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan warga akan kemudahan aksesibilitas.

Dukungan pemerintah terkait mobilisasi warga terutama di Pemalang dan sekitarnya adalah dengan pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga.

"Desember kita harapkan bisa groundbreaking oleh Presiden (Joko Widodo). Target selesai akhir 2018," ujar Budi usai dialog, Sabtu (23/9/2017).

Budi mengatakan, pembangunan bandara tersebut untuk memfasilitasi warga Pemalang yang selama ini harus ke Semarang jika ingin bepergian keluar kota dengan pesawat. Sementara waktu tempuh dari Pemalang ke Semarang saja sudah membutuhkan 4 jam.

Menurut Budi, pengerjaan bandara ini berlangsung selama satu tahun dan dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Dana pembangunannya adalah sebesar Rp 300 miliar.

"Untuk runway tahap pertama 1.600 meter, kemudian nanti tahap kedua 2.400 meter," kata dia.

Bandara ini sebelumnya adalah milik TNI Angkatakan Udara. Landasan pacu Wirasaba saat ini memiliki panjang 850 meter sehingga hanya mampu mengakomodasi pesawat Cassa dan Boeing.

Dalam rencana operasional ini, Lanud Wirasaba didesain seluas total 51,35 hektar, yang terdiri dari lahan milik Tentara Nasional Angkatan Udara seluas 43,91 hektar, dan lahan masyarakat seluas 7,44 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com