Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Panduan Mengecat Rumah dengan Warna Hitam

Kompas.com - 21/09/2017, 14:36 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Warna putih pada dinding sering kali menjadi senjata rahasia bagi desainer di dalam membuat sebuah ruangan menjadi terlihat lebih luas. Selain itu, warna putih juga mudah diaplikasikan dengan beragam dekorasi ruangan.

Namun, bagi Anda yang ingin mengecat dinding rumah dengan warna hitam, tidak ada salahnya. Anggapan bahwa warna hitam akan sulit untuk dipadupadankan dengan beragam dekorasi, juga tidak sepenuhnya benar.

Berikut beragam cara mengkreasikan warna hitam seperti dikutip dari Appartementherapy, pada dinding rumah Anda:

Pastikan banyak cahaya alami masuk

Tentu ada beberapa orang yang gemar dengan ruangan yang terlihat seperti gua, murung.

Tetapi, bagi Anda yang gemar dengan warna hitam namun tetap ingin membuat suasana hidup dan bersahabat, pastikan dinding rumah mendapatkan pancaran sinar matahari yang cukup.

Pertimbangkan beri jendela pada kamar tamu atau ruang tidur Anda. Agar asupan cahaya matahari yang masuk cukup untuk membuat suasana lebih hidup.

Beragam ornamen hiasan untuk dinding hitam.www.appartementtherapy.com Beragam ornamen hiasan untuk dinding hitam.

Gunakan skema warna monokromatik

Aturan ini memang tidak baku, tetapi dapat Anda jadikan panduan bila ingin menampilkan kesan modern dan segar.

Tentunya, paduan warna hitam dan putih menciptakan pemandangan klasik dan elegan, serta mencampurkan berbagai bahan alami dan netral akan semakin melengkapi faktor hunian yang ramah.

Aplikasikan hanya di satu dinding

Jika ini adalah pengalaman pertama, maka jangan menuju pada kebangkrutan bila Anda khawatir.

Menempatkan sebuah lukisan pada dinding yang dicat lebih gelap atau hitam, merupakan sebuah trik yang bagus untuk membungkus ruang kecil yang Anda miliki.

Ciptakan kontras tinggi

Kunci untuk membuat dinding hitam terlihat menarik yaitu pastikan sebagian besar ornamen di dalam ruangan memiliki warna yang kontras berlawanan.

Ini berarti, memilih perabotan, lantai, cetakan, aksen, hingga benda seni dengan warna lebih terang merupakan perpaduan terbaik. Ini juga sekaligus untuk menghindarkan kesan ruangan Anda seperti gua gelap.

Dinding hitam yang diaplikasikan pada salah satu ruangan.www.appartementtherapy.com Dinding hitam yang diaplikasikan pada salah satu ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com